Gerakan Opini Digital #AzarinexRedVelvet Pada Media Sosial Twitter Dalam Membangun Brand Image
Abstract
Gerakan Opini Digital #AzarinexRedVelvet digunakan oleh pengguna Twitter untuk
menunjukkan dukungan mereka terhadap kolaborasi yang dilakukan oleh Azarine dengan Red
Velvet terhadap peluncuran produk make up Azarine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Gerakan Opini Digital #AzarinexRedVelvet Pada Media Sosial Twitter Dalam
Membangun Brand Image dan juga Mengetahui Peran Aktor Utama Gerakan Opini Digital
#AzarinexRedVelvet pada Media Sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan teori jaringan sosial
sebagai pendukung dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Mix Method dengan menggabungkan metode kuantitatif untuk mengukur sebuah jaringan dengan
sampel 9.746 data set, 6.225 aktor yang terlibat dan 9.205 relasi, pengumpulan data dibantu dengan
perangkat lunak Netlytic dan juga Gephi. Hasil penelitian menunjukkan Gerakan Opini Digital
#AzarinexRedVelvet dapat menggerakkan pengguna twitter untuk menyuarakan pendapatnya
mengenai kolaborasi antara Azarine dengan Red Velvet dengan munculnya komentar-komentar
positif baik mengenai pemilihan brand ambassador yang sesuai maupun kualitas produk, sehingga
hal tersebut dapat meningkatkan brand image melalui gerakan opini digital pada media sosial
Twitter. Terdapat pula peran aktor dalam jaringan ini, @azarinecosmetic (aktor utama dalam klaster
pertama), 171 (Aktor yang dekat satu sama lain), @azarinecosmetic (aktor penting), dalam gerakan
opini digital #AzarinexRedVelvet tidak terdapat aktor perantara yang menandakan aktor dalam
jaringan ini dapat melakukan interaksi secara langsung tanpa harus melalui seorang perantara.