Pengaruh Kredibilitas Sumber Dan Bran Image Athena Terhadap Minat Beli Followers (Survey Pada Follower Akun tiktok @dr Richard Lee)

  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ivonne Ruth Vitamaya Oishi Universitas Methodist Indonesia, Medan

Abstract

Produk akan diminati khalayak jika disampaikan dengan menarik yang kredibilitasnya dapat dipercaya dan image produk tersebut yang baik. Hal ini yang dilakukan dr Richard Lee salah satu dokter kecantikan dengan produk kecantikannya Athena. Setiap informasi yang disampaikan melalui media tiktok sehingga followersnya mengetahui informasi produk Athena, dengan brand image baik tentang produk Athena diharapkan dapat menciptakan minat beli khalayak terhadap produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran pengaruh kredibilitas sumber dan brand image terhadap minat beli khalayak terhadap produk kecantikan Athena. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas sumber dengan tiga variabel yaitu X1: Kredibilitas Sumber, X2: Brand Image dan Y: Minat Beli. Penelitian ini menggunakan paradigma positivism, pendekatan kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode survey. Populasi penelitian followers akun tiktok dr Richard Lee, dengan sampel penelitian 100 sampel dan penarikan sampelnya menggunakan non probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Hasil korelasi berganda yang peroleh Nilai koefisien (R) sebesar 0,804. Koefisien korelasi dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, Ini berarti terdapat hubungan positif yang kuat antara Kredibilitas Dr Richard Lee sebagai dokter kecantikan dengan Minat beli produk kecantikan Athena. Hasil uji F menunjukkan nilai f hitung sebesar 5.527, nilai f hitung lebih besar dari f tabel (3,09). Dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara Kredibilitas sumber dan brand image terhadap minat beli khalayak pada produk kecantikan Athena.

Published
2023-03-01