Pencegahan Depresi Di Kalangan Dewasa Muda Akibat Pandemi Covid-19 Melalui Kampanye Sosial Pada Instagram

  • Annisa Amalia
  • Niken Savitri Anggraeni
Kata Kunci: Stress, pandemi, Covid-19, kaum dewasa muda, kampanye sosial, Instagram

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai macam gejala depresi pada
masyarakat dari tingkat ringan sampai berat. Hal ini diakibatkan karena adanya
ketakutan akan tertular virus, tingginya tingkat kematian di Indonesia,
permasalahan ekonomi, hingga informasi yang simpang siur tentang Covid-19 di
media sosial. Penderita depresi ini salah satunya adalah kaum dewasa muda.
Untuk mencegah depresi diperlukan sebuah kampanye sosial melalui media
digital agar mudah diakses oleh kaum dewasa muda tersebut, salah satunya adalah
Instagram. Konten dengan pesan dan ilustrasi diharapkan mampu membantu
kaum muda dalam mencegah depresi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan
konsep perancangan dan eksekusi desain yang menarik bagi kaum dewasa muda.
Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan
psikologi dan desain untuk dapat merumuskan sebuah konten yang menarik
melalui Instagram

Diterbitkan
2021-10-28