Usability Testing Pada Website Bisnis PIKAPP Indonesia Dengan Kuesioner Nielsen Attributes Of Usability (NAU)

  • Sarip Hidayatuloh UIN Syarif Hidayatullah
  • Naura Zalfayana UIN Syarif Hidayatullah
Keywords: Kata Kunci : Website, Usability Testing, Kuesioner Nielsen Attributes of Usability (NAU), PikApp Indonesia, Learnability, Memorability, Efficiency, Errors, Satisfaction

Abstract

PikApp Indonesia merupakan salah satu start-up di Indonesia yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mendukung para
pemlik usaha Food and Beverage (F&B) atau UMKM dengan menawarkan fitur-fitur teknologi, salah satunya adalah website bisnis yang
berisi digital menu dan dapat diakses dengan men-scan QR Code yang disediakan. Fitur ini menawarkan kemudahan bagi konsumen
maupun merchant itu sendiri. Usability testing yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen
terhadap website bisnis digital menu yang ditawarkan dan mengetahui permasalahan apa yang sering ditemukan pada saat pengaksesan
website. Usability testing dilakukan dengan menggunakan kuesioner Nielsen Attributes of Usability (NAU) yang berisikan lima kriteria
atau faktor, yaitu learnability, memorability, efficiency, errors, dan satisfaction. Hasil usability testing dari penelitian ini menunjukkan
bahwa website sudah dapat dikatakan usable, yang berarti mudah untuk digunakan, dengan nilai akhir berupa learnability (0,880),
memorability (0,876), efficiency (0,867), errors (0,885), dan satisfaction (0,879) dengan rata-rata nilai usability keseluruhan sebesar 0,877
dari range 1 5 skala likert. Dengan adanya penelitian ini diharapkan PikApp Indonesia dapat memperbaiki sistem website dimana
variabel efficiency merupakan variabel yang paling rendah dibandingkan variabel yang lainnya serta dengan melakukan pemeliharaan
sistem secara berkala.

Published
2023-04-24