Analisis Strategi E-Marketing Untuk Meningkatkan Minat Beli Online
Abstract
Pesatnya pengguna internet di Indonesia kini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk turut serta dalam
meramaikan dunia maya melalui penjualan secara online. Salah satunya adalah maraknya penjualan produk
fashion baik di facebook, blog, maupun web e-commerce, sehingga persaingan dalam bisnis online ini semakin ketat
dan tidak sedikit para pebisnis online yang gagal dalam menerapkan e-commerce. Hal ini terkadang terjadi akibat
kurangnya kualitas web e-commerce yang dimiliki, kurangnya daya tarik dari segi promosi atau harga, kurangnya
tingkat kepercayaan masyarakat terhadap web e-commerce yang ada di Indonesia, maupun kurangnya penerapan
pemasaran online (e-marketing) pada web e-commerce tersebut. Oleh sebab itu diperlukan penelitian untuk
menganalisis minat beli masyarakat terhadap web e-commerce yang menjual produk fashion di Indonesia sekaligus
menyusun strategi bisnis dalam meningkatkan minat beli online masyarakat dengan menerapkan e-marketing pada
web e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di beberapa lokasi di
Jakarta dengan beberapa profesi dan sasaran penelitian adalah wanita. Adapun analisis strategi e-marketing yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis situasi (SWOT). Hasil yang didapat dalam penelitian
ini adalah berdasarkan hasil kuesioner dan analisis SWOT perusahaan ini bersifat progresif, artinya organisasi
dalam kondisi prima dan mantap sehingga prospek bisnis penjualan online produk fashion mempunyai peluang
sangat bagus untuk kedepannya dan sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar
pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.
Kata Kunci : E-Commerce; E-Marketing; Fashion ; Strategi E-Marketing; SWOT