ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MOBILE APPLICATION E-COMMERCE SHOPEE MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN
Abstract
Kepuasan pengguna terus menjadi prioritas utama dalam dunia e-commerce dan menjadi faktor yang sangat penting untuk kesuksesan e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang meramaikan segmen mobile marketplace melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Namun, masih banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi shopee sehingga berdampak pada kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pengguna berdasarkan pengaruh dari pengalaman pengguna aplikasi shopee dengan menggunakan model DeLone & McLean yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel perceived utilitarian dan perceived hedonic sebagai dimensi utama yang mewakili IT user experience. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee sebagai pembeli dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sementara analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan bantuan tools SmartPLS 3.2.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa information quality, system quality, perceived hedonic dan use memiliki pengaruh terhadap user satisfaction, sedangkan service quality dan perceived utilitarian tidak. Dari 15 hipotesis yang diajukan, tiga diantaranya ditolak yaitu service quality terhadap use dan user satisfaction kemudian perceived utilitarian terhadap user satisfaction.
Kata Kunci: E-commerce, Kepuasan Pengguna, User Experience, Shopee, Delone & Mclean, PLS-SEM