Sekolah Rumah Apung: Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia SD di Kampung Flamboyan Bawah Palangka Raya

  • Gabriela Elsandika Universitas Palangka Raya
  • Yonatan Ari Santoso Universitas Palangka Raya
Keywords: Gaya Belajar Kinestetis, Gaya Belajar Visual, Kampung Flamboyan Bawah, Pembelajaran Kreatif, Sekolah Rumah Apung

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Kampung Flamboyan Bawah Kota Palangka Raya
sebagai upaya peningkatan minat belajar anak-anak usia SD yang tergabung dalam komunitas belajar Sekolah
Rumah Apung telah terlaksana dengan baik. Anak-anak antusias dalam mengikuti pembelajaran kreatif.
Implementasi ice breaking sebelum proses pembelajaran berhasil menarik minat anak-anak dalam mengikuti
kegiatan. Ice breaking berupa gerak dan lagu memfasilitasi kebutuhan anak-anak dengan gaya belajar
kinestetis. Penyediaan lembar kerja menarik dan terintegrasi memvasilitasi kebutuhan belajar anak dengan
gaya visual. Berdasarkan wawancara dengan tim pengajar sukarelawan, sebelumnya, anak-anak tidak terlibat
aktif dalam proses pembelajaran, cenderung pasif dan hanya dapat bertahan fokus dalam waktu 15-20 menit.
Dengan adanya kegiatan ini minat belajar anak-anak di sana meningkat.

Published
2023-11-21