Belajar Asyik dengan Memanfaatkan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Wilayah Jakarta Timur

  • Rahmat Rian Hidayat Universitas Mercu Buana
  • Yunita Sartika Sari Universitas Mercu Buana
Keywords: Aplikasi, Belajar, Inklusif, Quiziz, Teknologi

Abstract

Mengajar di sekolah inklusi memang menantang karena guru harus sabar dan membuat anak berkebutuhan khusus merasa nyaman karena memiliki hak yang sama dengan anak normal. Media pembelajaran juga merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran karena membantu mengkomunikasikan materi secara efektif, sehingga perlu dicari media pembelajaran yang menarik dan kreatif yang memungkinkan siswa memahami materi. Teknologi sebagai bagian dari media pembelajaran lahir untuk memudahkan dan kemudian memproduksi media pembelajaran berupa aplikasi game Quizizz yang keberadaannya semakin gencar digalakkan sebagai media pembelajaran di masa pandemi yang lalu. Berbagai kajian terkait penggunaan aplikasi Quizizz yang juga dapat digunakan sebagai media penilaian pembelajaran yang menyenangkan dan menghibur. Media Pembelajaran dengan Quizizz merupakan aplikasi game edukasi yang selain digunakan sebagai sarana penyampaian materi, juga bersifat naratif dan fleksibel. Quizizz merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan media pembelajaran di Indonesia yang tidak dapat diterapkan secara rutin dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komputer lainnya. Disitulah aplikasi pembelajaran QUIZIZZ hadir untuk membantu guru dan siswa agar proses belajar dapat terjadi dan pengalaman belajar dapat menyenangkan saat melakukannya. Selanjutnya untuk mendeskripsikan kepada guru tersebut, melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengangat tema Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Kualiatas Sumber Daya Sekolah. Pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa yaitu yayasan ASIH BUDI II yang diikuti sekitar 25 orang yang terdiri dari guru dan pengawai. Para peserta mengaku mendapatkan banyak hal terkait pemanfaatan teknologi yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya pembuatan media pembelajaran dengan media Quizizz yang menyenangkan.

Published
2023-06-02