Literasi Profesi Aktuaris pada Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Industri
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia, kebutuhan aktuaris semakin
meningkat. Namun, tingginya kebutuhan profesi aktuaris dan daya tarik berupa gaji yang tinggi
tidak disertai dengan pemenuhan jumlah aktuaris. Kekurangan tersebut diakibatkan kurangnya
literasi mengenai profesi aktuaris dan program studi Aktuaria, khususnya pada siswa sekolah
menengah atas yang akan melanjutkan kuliah. Oleh karena itu, perlu dilakukan literasi mengenai
aktuaria kepada siswa sekolah menengah atas. Kegiatan literasi ini dilakukan bersama mitra
Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, dengan metode pemberian literasi. Literasi dilakukan
dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada siswa sekolah menengah atas mengenai
kebutuhan profesi aktuaris di dunia industri dan keberadaan program studi Aktuaria. Kegiatan
Literasi Profesi Aktuaris dilaksanakan secara luring di MA Baitur Rohmah Muhammadiyah dan di
SMK Al Ghifary. Setelah berakhirnya kegiatan, tim pengabdian melakukan evaluasi dengan
memberikan kuisioner kepuasan kepada para guru dan kepala sekolah MA Baitur Rohmah
Muhammadiyah dan SMK Al Ghifary. Berdasarkan hasil kuisioner, sebanyak 67% menyatakan
sengat setuju bahwa kegiatan literasi yang dilakukan sudah memberikan bekal pengetahuan kepada
para siswa dan sebanyak 33% menyatakan setuju bahwa kegiatan literasi yang dilakukan sudah
memberikan bekal pengetahuan kepada para siswa.