Jurnal Manajemen https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen <p>This scientific journal of Jurnal Manajemen is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of economics for management, accounting, marketing, entrepreneurship and development studies. Hopefully the presence of this scientific journal can help in the development and dissemination of ideas, ideas, activities and follow-up in the economic field.</p> <p>E-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240124461191442">3046-4617</a>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;P-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180430784">1410-9247</a></p> en-US sularso2007@gmail.com (Sularso Budilaksono) octojafar@gmail.com (Jafar Octo Fernas) Sun, 30 Jun 2024 19:15:49 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan Psychological Empowerment terhadap Kepuasan Kerja https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3867 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan<br>Psychological Empowerment terhadap Kepuasan Kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di<br>perusahaan sektor perbankan BUMN di daerah Jabodetabek, dengan sampel sebanyak 135 responden.<br>Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan secara online di Google form.<br>Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan<br>pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program<br>Partial Least Square (PLS) dengan pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan<br>Psychological Empowerment sebagai variabel independen, dan Kepuasan Kerja sebagai variabel<br>dependen. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa Internal Branding berpengaruh positif terhadap<br>Employee Engagement, Internal Branding berpengaruh positif terhadap Psychological Empowerment,<br>Internal Branding berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja, Employee Engagement berpengaruh<br>positif terhadap Kepuasan Kerja, dan Psychological Empowerment berpengaruh positif terhadap<br>Kepuasan Kerja. Implikasi yang diajukan dalam penelitian ini dimana berdasarkan temuan penelitian yaitu<br>variabel internal branding, employee engagement dan psychological empowerment diperhitungkan untuk<br>dapat meningkatkan tingkat kepuasan kerja, sehingga dengan memastikan ketiga variabel independent<br>tersebut dijalankan secara baik dan menyeluruh maka dapat meningkatkan kepuasan kerja para karyawan.<br>Kata kunci: Employee Engagement, Internal Branding, Kepuasan Kerja, Psychological Empowerment</p> Monalisa Noviyanti Raja Guk Guk, Nina Nurhasanah Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3867 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Self Efficacy, Perilaku Kerja Inovatif Dan Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3868 <p>Perusahaan yang sedang melakukan pengembangan proyek teknologi informasi, maka akan sangat<br>diperlukan perencanaan dan pelaksanaan tingkat tinggi yang matang dan implementasi yang relevan hal<br>tersebut akan sangat penting dan berpengaruh dari sudut pandang bisnis perusahaan. Tujuan dari penelitian<br>ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Self Efficacy, Perilaku Kerja Inovatif, dan Knowledge Sharing<br>terhadap Kinerja Karyawan pada perusahaan konsultan IT di Jakarta. Penelitian ini bersifat kuantitatif<br>dengan metode survei yang digunakan kuesioner dari karyawan dengan menggunakan sumber data primer<br>dan populasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada perusahaan<br>Konsultan IT, dengan sampel sebanyak 125 responden. Analisis data yang digunakan adalah SEM PLS<br>dengan pengaruh Self Efficacy, Perilaku Kerja Inovatif dan Knowledge Sharing sebagai variabel<br>independen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self Efficacy memiliki pengaruh positif<br>terhadap Perilaku Kerja Inovatif. Self Efficacy memiliki pengaruh positif terhadap Knowledge Sharing. Self<br>Efficacy memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan. Perilaku Kerja Inovatif memiliki pengaruh<br>positif terhadap Kinerja Karyawan. Knowledge Sharing memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja<br>Karyawan.<br>Kata kunci: Kinerja Karyawan; Knowledge Sharing, Perilaku Kerja Inovatif, Self Efficacy</p> Intan Kamila, Nina Nurhasanah Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3868 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP TURNOVER INTENTIONS DENGAN MEDIASI VARIABEL RELATIONSHIP CONFLICT https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3869 <p>Banyaknya para pekerja yang keluar dari pekerjaan karna alasan-alasan tertentu di luar dari<br>habisnya masa jabatan, seperti adanya konflik kerja, ketidaknyamanan dalam berkerja, dan<br>buruknya etika kerja dari para pemimpin menjadi fokus utama dalam penelitian ini.<br>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur seberapa besar niat turnover intention para<br>karyawan kerja yang dipengaruhi oleh ethical leadership dan juga relationship conflict<br>dalam sebuah organisasi. Penelitian ini dilakukan pada 136 responden di salah satu instansi<br>pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta wilayah administrasi Jakarta<br>Barat dengan rentang usia 20-56 tahun yang telah berkerja selama 2 tahun. Pengumpulan<br>data dilakukan secara online melalui kuesioner. Data hasil dianalisis menggunakan<br>Structural Equation Model (SEM) PLS. Beberapa temuan dari hasil studi ini menyatakan<br>bahwa ethical leadership bisa berpengaruh negatif terhadap relationship conflict dan<br>relationship conflict berpengaruh positif terhadap turnover intention, selain itu hasil studi<br>ini juga membuktikan bahwa ethical leadership tidak bepengaruh terhadap turnover<br>intention. Penelitian ini relevan dengan apa yang terjadi saat ini, banyaknya karyawan yang<br>lebih memilih untuk keluar dari pekerjaan demi kenyamanan dan untuk menghindari<br>konflik pada sebuah organisasi. Implikasi manajerial dalam penelitian ini seorang<br>pemimpin harus lebih memperhatikan kepentingan para karyawan dan mengedepankan<br>hak-hak karyawan guna mengurangi konflik yang terjadi dan juga mengurangi<br>kemungkinan tingginya niat keluar pekerjaan dari karyawan.<br>Kata Kunci: Ethical leadership, Relationship conflict, Turnover intention</p> Wahyu Gunadi, Purwanto SK Purwanto SK Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3869 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengendalian Persediaan Suku Cadang Menggunakan Material Requirement Planning untuk Kegiatan Pemeliharaan Pesawat https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3870 <p>PT Indonesia Air Transport &amp; Infrastructure bergerak dalam bidang<br>perawatan/pemeliharaan pesawat, penyewaan, dan kargo. Perusahaan memiliki gudang<br>suku cadang pesawat yang harus dijaga stoknya untuk memenuhi setiap permintaan. Proses<br>penguatan ketahanan persediaan suku cadang pesawat terletak pada gudang suku cadang<br>yang harus selalu direncanakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan meskipun<br>datangnya permintaan tidak menentu. Ketersediaan barang dalam jumlah yang tepat juga<br>akan mengurangi biaya-biaya yang timbul akibat kelebihan atau kekurangan persediaan.<br>Ketersediaan suku cadang pada waktu yang tepat akan mampu memenuhi pesanan<br>pelanggan dan memberikan kepuasan kepada mereka. Data yang digunakan di sini adalah<br>data permintaan tahun 2018-2021. Produk yang diteliti adalah suku cadang yang umur<br>pemakaiannya pendek (O'Ring) dan suku cadang yang umur pemakaiannya panjang (Bolt).<br>Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Material Requirement Planning (MRP) untuk<br>mengelola persediaan suku cadang dengan mendapatkan jumlah pesanan yang optimal<br>pada setiap periodenya. Melalui analisis MRP, diperoleh biaya minimum dan pemesanan<br>optimal. Analisisnya menggunakan beberapa metode yaitu Period Order Quantity (POQ)<br>dan Part Period Balancing (PPB). Diketahui biaya yang dikeluarkan untuk suku cadang<br>O'Ring sebesar Rp918.800 sedangkan suku cadang Bolt sebesar Rp1.952.064. Untuk<br>O'Ring, pemesanan bulan September dan Maret masing-masing sebanyak 479 unit dan 439<br>unit sedangkan untuk suku cadang Bolt akan dipesan pada bulan September dan April<br>masing-masing sebanyak 449 unit dan 293 unit. Dengan metode yang dipilih, perusahaan<br>dapat meminimalisir keterlambatan pemenuhan pesanan dan dapat meningkatkan<br>pelayanan perusahaan kepada konsumen.<br>Kata kunci: Pesawat Terbang, Pemeliharaan Suku Cadang, MRP, POQ, dan PPB.</p> Erlangga Dhafa Hananda, Yelita Anggiane Iskandar Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3870 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Analisis Peramalan Permintaan dan Pengendalian Persediaan Produk Dex di PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3871 <p>PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek merupakan anak perusahaan PT Pertamina<br>yang bergerak di bidang pemasaran dan perdagangan produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Pada<br>periode Bulan Maret 2023 terjadi krisis persediaan, dan pada periode bulan Juli 2023 terjadi stock<br>out produk BBM Dex. Hal tersebut terjadi karena pemesanan dilakukan ketika persediaan kurang<br>dari 100 KL. Maka dari itu, perlu dilakukan pengendalian persediaan yang didahului oleh<br>peramalan permintaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui metode yang paling tepat<br>dalam melakukan peramalan permintaan dan pengendalian persediaan. Hasil eksperimen<br>menunjukkan bahwa dari sejumlah metode time series, peramalan permintaan yang sesuai adalah<br>Exponential Smoothing dengan prediksi permintaan pada periode berikutnya sebanyak 38.904<br>Liter. Lalu untuk pengendalian persediaan, menggunakan metode reorder point (ROP) diketahui<br>waktu yang paling tepat untuk melakukan pemesanan kembali adalah ketika persediaan berada<br>pada angka 122.808 Liter. Dengan metode Min-Max, kuantitas pemesanan sebaiknya ditetapkan<br>sebesar 77.361 Liter atau sama dengan muatan 3 mobil tangki 24 KL di mana pemesaan dilakukan<br>sebanyak 15 kali untuk periode bulan September.<br>Kata Kunci: Produk Dex, Peramalan Permintaan, Pengendalian Persediaan, Time Series,<br>Exponential Smoothing, ROP, Min-Max.</p> Ester Yohana Antilda Habeahan, Yelita Anggiane Iskandar Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3871 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompetensi Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT.XYZ https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3872 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompetensi Kerja, Motivasi Kerja<br>Terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan data primer<br>dan skunder dengan pendekatan kuantitatif. Intsrumen penelitian ini menggunakan sampel yang digunakan<br>Proposive sampling dengan kriteria dan jumlah sampel sebanyak 74 responden menggunakan rumus slovin<br>dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisoner menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini<br>menggunakan Teknik analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Structural (SEM-PLS) dengan<br>software SmartPLS 4.0 berdasarkan hasil data Pengujian Hipotesis bahwa Kepuasan Kerja Tidak Berpengaruh<br>signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, Kompetensi Kerja Berpengaruh Siginifikan Terhadap<br>Organizational Citizenship Behavior, Motivasi Kerja Berpengaruh Siginfikan Terhadap Organizational<br>Citizenship Behavior. Kepuasan kerja, Kompetensi Kerja, Motivasi Kerja memiliki dampak sebesar 74.4 %<br>terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT. XYZ<br>KataKunci : Kepuasan Kerja, Kompetensi Kerja, Motivasi Kerja, Organizational Citizenship<br>Behavior</p> Chefia Ratih Gurnidah, Estu Mahanani Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3872 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Teori-teori Etika Dan Peranan Prinsip Etika Bisnis Dalam Kelangsungan Usaha Perusahaan Bisnis https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3873 <p>Etika adalah cabang filsafat yang mengkaji tindakan manusia secara kritis, menilai mana yang<br>baik dan buruk berdasarkan prinsip moral tertentu. Etika bisnis, sebagai bagian dari etika profesional,<br>harus dikembangkan oleh para pelaku bisnis itu sendiri dan dianggap sebagai elemen penting dalam<br>aktivitas bisnis. Bisnis yang tidak menerapkan etika tidak akan berhasil dalam jangka panjang. Studi<br>literatur dengan analisis isi menunjukkan dua teori etika utama yang relevan untuk etika bisnis, yaitu<br>teori deontologis dan teori teleologis. Inti dari parafrase ini adalah menjelaskan konsep etika, etika<br>bisnis, dan dua teori etika yang menjadi dasar etika bisnis dengan bahasa yang lebih sederhana dan<br>singkat. Etika juga merupakan cabang filsafat yang berfokus pada studi tentang moralitas dan perilaku<br>manusia. Etika mengeksplorasi konsep-konsep seperti kebaikan, keburukan, benar, salah, keadilan, dan<br>tanggung jawab. Etika menganalisis prinsip-prinsip moral dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut<br>diterapkan pada situasi kehidupan nyata. Etika bisnis adalah cabang etika yang secara khusus berfokus<br>pada prinsip-prinsip moral yang berlaku dalam dunia bisnis. Etika bisnis membahas isu-isu seperti<br>kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola perusahaan. Etika bisnis penting<br>karena membantu bisnis untuk membuat keputusan yang etis dan bertanggung jawab, yang pada<br>akhirnya menguntungkan semua pemangku kepentingan, termasuk karyawan, pelanggan, investor, dan<br>masyarakat. Terdapat dua teori etika utama yang relevan dengan etika bisnis, yaitu teori deontologis<br>dan teori teleologis. Teori deontologis berpendapat bahwa tindakan itu benar atau salah berdasarkan<br>sifatnya sendiri, terlepas dari konsekuensinya. Teori teleologis, di sisi lain, berpendapat bahwa tindakan<br>itu benar atau salah berdasarkan konsekuensinya. Kedua teori ini memberikan kerangka kerja untuk<br>menganalisis dilema etika dalam bisnis dan membuat keputusan yang etis.<br>Kata Kunci: Etika, Deontologis, Teleologis, Prinsip etika bisnis, Perusahaan.</p> Surajiyo Surajiyo, Harry Dhika Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3873 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Komunikasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Pt. Tunas Segar Indah https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3874 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antar variabel Komunikasi Kerja, Lingkungan<br>Kerja, dan Pengembangan Karir terhadap Komitmen Organisasi pada karyawan di PT. Tunas<br>Segar Indah. Analisis data penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM)<br>dengan menggunakan Software Smart-Pls 3. Sample penelitian ini adalah 66 Karyawan PT.<br>Tunas Segar Indah. Hasil penelitian pengaruh Komunikasi Kerja terhadap Komitmen<br>Organisasi yang ditunjukkan dengan nilai t-statistik sebesar 1.994 lebih besar dari t-tabel 1.96,<br>dan nilai P-value sebesar 0.032 &lt; 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa Komunikasi Kerja<br>berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Pengaruh Lingkungan<br>Kerja terhadap Komitmen Organisasi yang ditunjukkan dengan nilai t-stastistik sebesar 2.241<br>lebih besar dari t-tabel 1.96, dan nilai P-value sebesar 0.013 &lt;0.05. Hasil ini menunjukkan<br>bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi.<br>Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Komitmen Organisasi yag ditunjukkan dengan nilai<br>t-statistik sebesar 2.927 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.96, dan nilai P-value sebesar 0.002 &lt;<br>0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa Pengembangan Karir berpengaruh Positif dan Signifikan<br>terhadap Komitmen Organisasi.<br>Kata Kunci : Komunikasi Kerja, Lingkungan Kerja, Pengembangan Karir, dan Komitmen<br>Organisasi</p> Ilma Ghania, Rahayu Endang Suryani Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3874 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Analisis Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Kerja Karyawan Distributor Menggunakan Regresi Linier Berganda https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3875 <p>Sebuah distributor produk cat mobil yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, menghadapi tantangan<br>terkait kurangnya fokus karyawan terhadap peningkatan indikator kinerja yang tampak misalnya<br>dalam masalah kehadiran dimana sering terjadi absensi dan keterlambatan. Ini mencerminkan<br>kinerja suboptimal yang mungkin terkait dengan motivasi kerja yang rendah. Penelitian ini<br>bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor-faktor berikut: lingkungan kerja fisik,<br>psikologis, jabatan, dan pengalaman dengan motivasi karyawan di distributor amatan. Data yang<br>digunakan dikumpulkan dengan melibatkan seluruh populasi yaitu karyawan yang berjumlah 28<br>orang, lalu diolah dengan metode regresi linier. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa<br>motivasi karyawan meningkat jika lingkungan kerja fisik (𝑋!), lingkungan kerja psikis (𝑋"),<br>jabatan (𝑋#), dan pengalaman (𝑋$) meningkat. Nilai variabel motivasi (π‘Œ) kerja meningkat sebesar<br>2,177 ketika semua variabel bebas (𝑋) bernilai 0.<br>Kata kunci: Distributor, Kinerja Karyawan, Analisis Faktor, dan Regresi Linier<br>Berganda</p> Ayu Apriani, Yelita Anggiane Iskandar Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3875 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Analisis Pengembangan UMKM Dalam Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3876 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan UMKM dalam implementasi e-commerce untuk<br>meningkatkan daya saing di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada<br>10 UMKM di Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam,<br>observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-commerce memberikan<br>dampak positif terhadap pengembangan UMKM, antara lain: Meningkatkan jangkauan pasar, Meningkatkan<br>efisiensi bisnis, Meningkatkan brand awareness, dan Meningkatkan daya saing. Namun, terdapat beberapa<br>temuan terkait hambatan dalam implementasi e-commerce, seperti: Keterbatasan literasi digital, Keterbatasan<br>infrastruktur teknologi, Keterbatasan modal, dan Persaingan yang ketat. Penelitian ini merekomendasikan<br>beberapa solusi untuk meningkatkan pengembangan UMKM dalam implementasi e-commerce, antara lain:<br>Pelatihan dan edukasi tentang e- commerce, Pengembangan infrastruktur teknologi, Pemberian bantuan<br>modal, dan Fasilitasi akses ke pasar online. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah sampel yang<br>kecil dan fokus pada satu wilayah. Penelitian masa depan dapat dilakukan dengan memperluas sampel dan<br>wilayah penelitian, serta mengkaji lebih lanjut tentang strategi dan model bisnis e-commerce yang efektif bagi<br>UMKM.<br>Kata kunci: UMKM, e-commerce, daya saing, era digital, pengembangan bisnis.</p> Khoirul Anam, Sri Yanthy Yosepha Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3876 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Citra Merk, Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Starbucks Reserve Pakubuwono https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3877 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Promosi terhadap<br>Loyalitas Konsumen Di Starbucks Reserve Pakubuwono. Metode yang digunakan adalah metode<br>kuantitatif. Dalam metode ini pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan didistribusikan<br>kepada seluruh konsumen. Dalam analisis statistik penulis menggunakan program SPSS 25.0 for<br>windows. Jumlah populasi sebanyak 900 konsumen diperoleh sampel sebanyak 90 responden. Hasil<br>nilai R Square dengan determinasi berganda sebesar 89,6% dan sisanya sebesar 10,4% dipengaruhi<br>oleh faktor lain. Nilai regresi berganda di dapat Ý= -6.050+ 0.160X1 + 0. 277X2 + 0. 684X3 dan<br>uji F-hitung dengan Ξ±=5% didapat nilai F-hitung sebesar 247.783 dan F-tabel sebesar 2.71, Dengan<br>nilai F-hitung &gt; F-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Citra Merek,<br>Gaya Hidup dan Promosi secara bersama sama berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen.<br>Kata Kunci: Citra Merek, Gaya Hidup , Promosi , Loyalitas Konsumen</p> Sarpan Sarpan, Ilham Kudratul Alam Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3877 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Radar Bogor https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3878 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kantor, disiplin kerja, dan budaya<br>organisasi terhadap kinerja karyawan Radar Bogor. Jenis penelitian Kuantitatif, dengan metode<br>pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan observasi. Jumlah sampel<br>penelitian sebanyak 76 responden dan Teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling<br>dengan analisis data menggunakan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa<br>seluruh hipotesis mempunyai pengaruh positif dan signifikan yaitu: (1) Fasilitas Kantor berpengaruh<br>positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai t-hitung 2,04 dan p-values 0,04 (2)<br>Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai t-hitung<br>2,00 dan p-values 0,05 (3) Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja<br>Karyawan dengan nilai t-hitung 4,68 dan p-values 0,00. Dengan koefisien determinasi simultan (R2)<br>adjusted antara fasilitas kantor, disiplin kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan<br>Radar Bogor sebesar 76% dan sisanya 24%.<br>Kata Kunci: Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan.</p> Ilham Kudratul Alam, Sarpan Sarpan Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3878 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Tata Letak Gudang Teknik Menggunakan Dedicated Storage di Terminal Bahan Bakar Minyak Kendari https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3879 <p>Gudang Teknik Fuel Terminal Kendari masih menggunakan randomized storage sehingga<br>material dengan jenis yang bermacam-macam berada di lokasi yang tersebar. Lokasi material yang<br>acak menyebabkan aktivitas pergudangan menjadi tidak efisien dikarenakan jarak tempuh<br>Material Handling Equipment (MHE) bertambah karena dibutuhkan pemisahan material terlebih<br>dahulu. Agar permasalahan ini dapat diselesaikan maka dilakukan perancangan tata letak fasilitas<br>yang baru yaitu yang mengusung konsep dedicated storage demi meningkatkan efisiensi dan<br>efektivitas tata letak Gudang Teknik Fuel Terminal Kendari melalui pengusulan klasifikasi barang<br>menjadi empat kategori: alat listrik, suku cadang dan komponen mesin, pemeliharaan bangunan,<br>serta bahan kimia dan pelumas. Klasifikasi barang dimaksudkan untuk memudahkan identifikasi<br>dan pengelolaan barang di mana barang-barang yang memiliki karakteristik dan fungsi serupa<br>disimpan di tempat yang sama. Hasil kuesioner validasi terhadap usulan tata letak gudang<br>menunjukkan mayoritas responden yang merupakan pekerja di gudang, setuju dengan rancangan<br>baru.<br>Kata kunci: Gudang, Teknik, Tata Letak, dan Dedicated Storage.</p> Reyhan Saputra Achmar, Yelita Anggiane Iskandar Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3879 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Determinasi Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur BEI Tahun 2020 – 2022 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3880 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja laporan keuangan dengan cara menganalisis<br>kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan. Penelitian ini mendasarkan pada analisa modal<br>saham dan aktiva laporan keuangan. Analisa laporan keuangan diukur menggunakan indikator<br>kinerja keuangan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive<br>sampling, jumlah sampel penelitian ini adalah 13 perusahaan. Analisis yang dilakukan dalam<br>penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, pengujian data panel, uji normalitas data dan uji<br>hipotesis.<br>Kata kunci : kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, kinerja keuangan</p> Yusdianto Yusdianto, Achmad Ramadhoni Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3880 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Evaluasi Kualitas Pada Jasa Transportasi Akap Dan Akdp Di Pt X Dengan Menggunakan Servqual Method Gap 5 Dan Diagram Kartesius https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3881 <p>Di era globalisasi ini media transportasi sangat lah berkembang pesat kerena kebutuhan masyarakat<br>yang terus meningkat Kemajuan dalam sektor transportasi pada umumnya tercermin dalam kualitas<br>pelayanan yang diberikan oleh instansi sebagai pemberi pelayanan jasa transportasi khususnya pada<br>perusahaan otobus PT X yang kantor di kabupaten cianjur, adapun permasalahan pada perusahaan<br>tersebut yaitu kualitas pelayanan yang kurang efektif di PT X oleh karna itu adapun tujuan dari<br>pennelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas layanan PT X pada bus AKAP dan AKDP<br>dapat dikatakan sudah memenuhi keinginan konsumen atau tidak dan untuk mengetahui layanan<br>yang harus diperbaiki pada jasa transportasi di PT X maka penulis melakukan penelitian dengan<br>servqual method gap 5 untuk mengetahui selisih pada tiap dimensi dan kemudian diperjelas oleh<br>diagram kertesius untuk mengetahui sejauh mana kinerja atau presepsi perusahaan dengan harapan<br>konsumen, selanjutnya didapatkan hasil dari perhitungan nilai selisih dari tiap dimensi dengan<br>selisih positif yaitu tanggible (bukti fisik) dengan nilai 0,99. Assurance (jaminan) dengan nilai 0,47<br>dan reabillity (keandalan) denang nilai 1,37. Dan kemudian ada 2 dimensi yang belum memenuhi<br>harapan konsumen yang berarti selisih negarif yaitu empthy (empati) dengan nilai – 0,01 dan<br>responbillity dengan nilai -0,90.dan kemudian diperjelas pada diagram kartesius terdapat 3 item atau<br>atribut yang berada pada kuadran A yaitu item (8) bila mana terjadi kecelakaan perusahaan<br>bertanggung jawab (10) kemampuan perusahaan baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen (15)<br>respon perusahaan bilamana armada bus memiliki kendala atau mogok perusahaan akan<br>memperbaiki atau menggantinya.<br>Kata kunci : kualitas pelayanan, jasa transportasi, servqual method gap 5. Diagram<br>kartesius</p> Asep muhamad jalal ali Asep muhamad jalal ali, Ali subhan Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3881 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Kinerja Karyawan Dipengaruhi Oleh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Pada Operator PT Sri Tita Medika https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3882 <p>Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan, ketika<br>karyawan dapat menunjukkan performa terbaiknya maka tidak diragukan lagi output yang<br>dihasilkan akan optimal. Hal ini membuat perusahaan kerap kali memberikan target yang harus<br>dicapai oleh karyawan dalam proses produksinya, target tersebut akan menimbulkan beban kerja<br>yang akan dipikul oleh karyawan. Beban kerja sendiri mengacu pada jumlah pekerjaan yang<br>dialokasikan kepada karyawan untuk diselesaikan. Sehingga dengan adanya beban kerja yang dirasa<br>cukup memberatkan atau terlalu ringan bagi karyawan dapat berpengaruh pada kinerja karyawan.<br>Kemudian tempat bekerja yang berhubungan langsung dengan karyawan pun menjadi hal yang harus<br>diperhatikan, mengingat setiap harinya karyawan tersebut akan menemukan hal yang sama pada<br>tempat kerjanya dan melakukan aktivitas yang sama akan menimbulkan perasaan nyaman atau tidak<br>nyaman yang dirasakan karyawan pada lingkungan tempat ia bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk<br>mengetahui sejauh mana pengaruh dari beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan<br>operataor PT. Sri Tita Medika. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif, untuk populasi dan<br>sampel dilakukan kepada semua karyawan bagian operator pada PT. Sri Tita Medika yang berjumlah<br>sekitar 50 orang. Untuk metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi<br>klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji regresi<br>linier berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji t untuk menganalisis keeratan hubungan<br>variabel secara individual.<br>Kata kunci : Kinerja karyawan, Beban kerja, lingkungan kerja</p> Tri Wahju Wirjawan, Dadang Heri Kesumah Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3882 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pemasaran Digital dan Collaboration Branding Terhadap Peningkatan Penjualan Sepatu Lokal (Studi Kasus pada Sepatu Compass dan Aerostreet) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3883 <p>Industri fashion di Indonesia banyak mengalami perubahan tren yang sangat dinamis dalam hal ini<br>khususnya sepatu. Saat ini setidaknya ada ribuan merek sepatu lokal di Indonesia dan sedang<br>melakukan β€œperang” dalam perebutan pasar baik di kancah nasional maupun internasional. Perang<br>market sepatu tersebut bukan hanya diikuti oleh merek-merek lokal saja akan tetapi juga diikuti<br>oleh merek-merek internasional. Berkembangnya industri sepatu tersebut menciptakan iklim<br>persaingan yang sangat luar biasa dan menuntut setiap merek untuk menciptakan suatu inovasi dan<br>strategi bisnis yang tepat agar tetap dapat bersaing pada β€œperang” tersebut. Tujuan penelitian ini<br>untuk menganalisis hubungan sebab-akibat antara variabel independen (pemasaran digital dan<br>collaboration branding) dengan variabel dependen (peningkatan penjualan) pada merek sepatu<br>lokal. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausaleksplanatori<br>ditambah dengan studi literasi terhadap penelitian sebelumnya dengan jumlah<br>sampel sebanyak 100 responden dengan teknik non-probalility sampling berjenis purposive<br>sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemasaran digital dan collaboration<br>branding mempengaruhi peningkatan penjualan secara positif dan signifikan dalam artian<br>pemasaran digital dan collaboration branding memberikan dampak yang bagus dalam<br>mempengaruhi peningkatan penjualan sepatu lokal demi pencapaian bersama yaitu<br>keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan atau bisnis sepatu lokal. Pada penelitian ini<br>disimpulkan bahwa pemasaran digital dan collaboration branding berpengaruh secara positif dan<br>signifikan pada peningkatan penjualan produk sepatu lokal.<br>Kata kunci : pemasaran digital, collaboration branding, penjualan dan sepatu lokal</p> Prayudi Nugraha, Juhari Juhari, Zufriady Zufriady Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen/article/view/3883 Fri, 28 Jun 2024 00:00:00 +0700