Pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan Psychological Empowerment terhadap Kepuasan Kerja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan
Psychological Empowerment terhadap Kepuasan Kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di
perusahaan sektor perbankan BUMN di daerah Jabodetabek, dengan sampel sebanyak 135 responden.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan secara online di Google form.
Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan
pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program
Partial Least Square (PLS) dengan pengaruh Internal Branding, Employee Engagement dan
Psychological Empowerment sebagai variabel independen, dan Kepuasan Kerja sebagai variabel
dependen. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa Internal Branding berpengaruh positif terhadap
Employee Engagement, Internal Branding berpengaruh positif terhadap Psychological Empowerment,
Internal Branding berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja, Employee Engagement berpengaruh
positif terhadap Kepuasan Kerja, dan Psychological Empowerment berpengaruh positif terhadap
Kepuasan Kerja. Implikasi yang diajukan dalam penelitian ini dimana berdasarkan temuan penelitian yaitu
variabel internal branding, employee engagement dan psychological empowerment diperhitungkan untuk
dapat meningkatkan tingkat kepuasan kerja, sehingga dengan memastikan ketiga variabel independent
tersebut dijalankan secara baik dan menyeluruh maka dapat meningkatkan kepuasan kerja para karyawan.
Kata kunci: Employee Engagement, Internal Branding, Kepuasan Kerja, Psychological Empowerment