Evaluasi Program Pendidikan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Pria Tangerang (Penerapan Logic Model)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan program pendidikan di Lembaga
Pemasyarakatan kelas IIA anak pria Tangerang yang merupakan pelelitian evaluasi dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan metode evaluasi program logic model yang meliputi situation,
input, output dan outcomes. Hasil penelitian menunjukan: (1) komponen situation hampir baik untuk
keadaan dan aktifitas program pendidikan dalam kategori sedang/moderat, (2) komponen input terdiri
dari standar isi, proses dan penilaian, tenaga pendidik, sarana dan pebiayaan, pengelolaan pendidikan,
hanya pengelolaan dan sarana yang hampir memenuhi kriteria keberhasilan evaluasi, (3) komponen
output dimana program pendidikan memberikan ijazah atau lapor dan serifikat kepada anak, lulus Ujian
Nasional 100%, dan (4) komponen outcome dalam kategori sedang dikarenakan kurang adanya
pemanfaatan keterampilan yang didapat selama mengikuti program pendidikan dan ada sebagian anak
didik lapas yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Oleh karena itu maka perlu dilakukan perbaikan
pada tahap situation dan input.
Kata kunci: Evaluasi program logic model, Lembaga pemasyarakatan anak, Program pendidikan