PENGARUH E MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA E COMMERCE DI INDONESIA)

  • M. R. Mulyandi
  • Estika P. Sani
Keywords: e marketing mix, e commerce, minat beli

Abstract

Artikel ini merupakan analisa pengaruh strategi e-marketing mix (7P) terhadap minat beli
konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penyebaran data melalui
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan e-commerce di Indonesia
khususnya e-commerce Tokopedia karena merupakan e-commerce yang paling sering
dikunjungi tiap bulannya. Sampel dalam penelitian ini mennggunakan teknik
purposive sampling dengan menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji kualitas data,
uji asumsi klasik, dan uji pengaruh menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dari
penelitian ini adalah dari variabel e marketing mix yaitu place, price, dan promotion
tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan product, people, process, dan physical
evidence berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dan e marketing
mix secara simultan mempengaruhi minat beli konsumen pada e commerce di
Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-14
How to Cite
Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2019). PENGARUH E MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA E COMMERCE DI INDONESIA). IKRAITH-EKONOMIKA, 3(1), 41-49. Retrieved from https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/635