Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Dimediasi Oleh Bauran Promosi Pengguna Indosat ( Studi Kasus : Pengguna Indosat di Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung )
Abstract
Artikel dalam penelitian ini mempunyai tujuan dalam rangka mengetahui pengaruh citra
merek serta kualitas produk terhadap kepuasan konsumen yang dilakukan mediasi oleh
bauran promosi. Populasi pada penelitian ini ialah individu yang menggunakan indosat di
Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung. Melalui tindakan pengambil sampel yang
menerapkan Purposive Sampling, dimana melibatkan sampel sejumlah 97 jiwa. Data yang
diaplikasikan ialah data primer melalui metode menyebarluaskan angket berbasis elektronik dan
dihitung menggunakan skala likert.
Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif, tipe penelitian asosiatif yang berbentuk teknik
sebab akibat. Metode analisis data yang diterapkan pada studi ini ialah analisis outer model
(convergent validity, discriminant validity, average variance extracted (AVE), composite
reliability) dan inner model (R-Square, uji GoF, uji hipotesis t). Seluruh data dilakukan pengolahan
dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS versi 3.0
Output hipotesis pada studi ini memperlihatkan bahwa Citra merek mempunyai pengaruh
signifikan pada kepuasan pembeli. Citra merek mempunyai pengaruh signifikan pada bauran
promosi. Kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap bauran promosi. Bauran promosi
tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Citra merek tidak mempunyai
pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang dilakukan mediasi oleh bauran promosi.
Kualitas produk tidak mempunyai pengaruh signifikan pada kepuasan konsumen yang
dilakukan mediasi oleh bauran promosi.
Kata Kunci : , ,,