Pengaruh E-WOM Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Laptop Lenovo Di Bekasi
Abstract
Pertumbuhan internet dan teknologi informasi telah mengubah cara konsumen meneliti produk
dan membuat penilaian tentang apa yang akan dibeli. Minat beli konsumen terhadap suatu produk,
khususnya produk teknologi seperti laptop, sangat dipengaruhi oleh Electronic Word-of-Mouth
(E-WOM) dan Citra Merek. Sasaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana minat beli konsumen terhadap laptop Lenovo di Kota Bekasi dipengaruhi oleh EWOM
dan Citra Merek. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini
mengumpulkan melalui kuesioner. Pelanggan yang pernah membeli komputer di Kota Bekasi
menjadi populasi penelitian. Sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna laptop
Lenovo. Pengujian data menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling)
menggunakan software SmartPLS 4.0. Temuan ini menunjukkan bahwa E-wom secara signifikan
dan positif mempengaruhi minat beli konsumen terhadap laptop Lenovo. Demikian juga,
ditemukan bahwa Minat Beli secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh Citra Merek.