Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Aplikasi dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pengguna Brand Ultrajaya Pada Aplikasi HANOMAN di HIS
Abstract
Aplikasi Sales Monitoring adalah aplikasi untuk mendata absensi dan reporting seputar sales
guna meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
dampak kualitas layanan, fitur aplikasi, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan
pengguna aplikasi HANOMAN di Hanoman Indonesia System (HIS). Penelitian ini
menerapkan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple
Random Sampling sebanyak 91 responden pelanggan aplikasi HANOMAN di Hanoman
Indonesia System. Data dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM)
dengan bantuan software Smart-PLS 4 untuk menguji model luar (outer model) dan model dalam
(inner model) dari persamaan regresi berganda. Hasil penelitian, berdasarkan nilai t-statistik dan
p-value, menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari kualitas layanan, fitur
aplikasi, serta kemudahan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan pengguna. Kualitas pelayanan,
fitur aplikasi serta kemudahan penggunaan aplikasi mempunyai pengaruh sebesar 82.8%
terhadap kepuasan pengguna brand Ultrajaya pada aplikasi HANOMAN di Hanoman
Indonesia System.