Peran Digital Marketing, Content Creator, Dan Kualitas Konten Wardah Terhadap Minat Beli Gen Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis peran digital marketing, content
creator, dan kualitas konten Wardah terhadap minat beli Gen Z. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah digital marketing, content creator, dan kualitas konten, sedangkan
variabel terikat adalah minat beli. Jenis penelitian adalah metode kuantitatif yang diperoleh
dari data primer, yaitu data langsung dari sampel. Populasi pada penelitian ini adalah Gen
Z yang menggunakan produk Wardah. Pemilihan sample menggunakan purposive
sampling dengan jumlah responden 100 orang dengan metode kuesioner dalam bentuk
daftar pertanyaan dengan skala likert, dan diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Teknik
analisis data pada penelitian ini berupa uji statistik deskriptif, uji model pengukuran, uji
model structural, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa digital
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan content
creator tidak berpengaruh terhadap minat beli, dan kualitas konten berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli. Implikasi pada variabel digital marketing dan kualitas konten
yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli menunjukkan bahwa setiap kenaikan
indikator yang dominan pada kedua variabel tersebut dapat meningkatkan minat beli,
sedangkan pada variabel yang tidak berpengaruh seperti content creator menunjukkan
bahwa pentingnya perusahaan memperhatikan aspek kreatif dan inovatif dalam mengelola
ulasan yang dibuat oleh content creator, sehingga dapat meningkatkan minat beli konsumen
pada Wardah