Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kue Elcakery Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan media sosial terhadap
keputusan pembelian di toko kue Elcakery Jakarta. Penelitian ini didasari oleh beberapa teori yang
mendukung penelitian yang berhubungan dengan kualitas produk, harga, media sosial, dan keputusan
pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Populasi pada penelitian ini
adalah 8.247 followers instagram Elcakery Jakarta dengan sampel sebanyak 100 orang dengan teknik simple
random sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner melalui google form. Setelah
pengumpulan data selesai maka dilakukan pengolahan data penelitian dengan melakukan pengujian metode
structural equation modeling (SEM) untuk mengetahui hubungan variabel yang diteliti dengan menggunakan
software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan media
sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini mengandung dan memberikan implikasi
bahwa keputusan pembelian berpengaruh baik dalam keputusan pembelian di toko kue Elcakery Jakarta
dikarenakan konsumen Elcakery Jakarta menginginkan kualitas produk yang terbaik sesuai dengan biaya
yang konsumen berikan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan, harga tetap penting karena harga yang
dinilai wajar dan kompetitif dapat membangun kepercayaan dan pada akhirnya mendorong keputusan
pembelian di Elcakery Jakarta, dan melalui media sosial Elcakery dapat memasarkan produknya, strategi
media sosial yang efektif membantu Elcakery Jakarta mendorong keputusan pembelian.