Optimalisasi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Bengkel Sepeda Tenda Biru Bandung

  • Muhammad Hasanudin Zuhdi Universitas Padjadjaran
  • Nafisah Yuliani Universitas Padjadjaran
Keywords: Optimalisasi pemasaran digital, media sosial, brand awareness, Bengkel, Sepeda Tenda Biru Bandung

Abstract

Bengkel Sepeda Tenda Biru Bandung perlu perbaikan strategi kampanye
pemasaran digital dalam meningkatkan brand awareness . Tujuan utama penelitian ini
adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran digital melalui media sosial
(Instagram, Tiktok, Facebook) dalam meningkatkan brand awareness Bengkel Sepeda
Tenda Biru. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif dengan
pengambilan data Pebruari-Maret 2024. Hasil analisis media sosial yang dilakukan
Bengkel Sepeda Tenda Biru Bandung meliputi : a) Keterlibatan Pengguna (User
Engagement). Hasil rata-rata User Engagement pada Instagram, Tiktok dan Facebook
masing-masing 23,89%, 72,19%, 33,39% . Artinya konten Bengkel Sepeda Tenda Biru
Bandung mampu membangun ikatan dan memicu respons dari pengguna b) Jumlah
Pengikut (Followers). Jumlah pengikut atau followers di Instagram sebanyak 1,2 juta, akun
yang berinteraksi 29,3 ribu dan total pengikut 3.481. Jumlah pengikut pada Facebook
meningkat, yaitu 0 pengikut (Januari 2024) menjadi 109 pengikut (Pebruari-Maret 2024).
Jumlah pengikut pada Tiktok mengalami kenaikan sebesar 130 orang, c) Jangkauan Posting
(Post Reach). Hasil Jangkauan Posting (Post Reach) pada Instagram mengalami kenaikan
sebesar 1,3 juta. Jangkauan Posting (Post Reach) pada Tiktok mengalami kenaikan sebesar
99.647. Jangkauan Posting (Post Reach) pada Facebook mengalami kenaikan menjadi 50,2
ribu, d)Jumlah pengunjung. Hasil Jumlah pengunjung pada Instagram mengalami kenaikan
sebesar 4,6 ribu, jumlah pengunjung pada Tiktok mengalami kenaikan sebesar 611 views.
Jumlah pengunjung pada Facebook mengalami kenaikan sebesar 100%. Dengan adanya
kampanye pemasaran digital yang terintegrasi, dengan fokus pada media sosial (Instagram,
Tiktok, Facebook) sebagai saluran komunikasi dan promosi, Bengkel Sepeda Tenda Biru
berhasil meningkatkan visibilitas merek mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas.
Konten yang menarik, konsistensi posting, dan interaksi aktif dengan pengikut menjadi
faktor penting dalam mencapai hasil yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-27
How to Cite
Zuhdi, M. H., & Yuliani, N. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Bengkel Sepeda Tenda Biru Bandung. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(3), 103-117. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i3.4256