PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STIE MUHAMMADIYAH JAKARRTA
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STIE MUHAMMADIYAH JAKARRTA
Abstract
ABSTRAK
Penerimaan mahasiswa baru STIE Muhammadiyah Jakarta pada tahun Akademik 2012/2013 sampai dengan
Tahun Akademik 2016/2017 mengalami fluktuatif. Kondisi ini menuntut manajemen untuk lebih
memperhatikan pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses
dan layanan konsumen terhadap keputusan mahasiswa memilih STIE Muhammadiyah Jakarta.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode SPSS (Statistical Package for Sosial Sciences) yang
berfungsi untuk mengetahui pengaruh antar variabel, dengan menggunakan pengujian koefisien determinasi,
hipotesis uji t dan uji F
Hasil koefisien determinasi sebesar 0,544. Hasil ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang terdiri dari
produk, harga promosi, tempat, orang, proses dan layanan konsumen mempengaruhi keputusan mahasiswa
memilih STIE Muhammadiyah Jakarta sebesar 54,4% dan sisanya sebesar 45.6% dipengaruhi faktor lain yang
tidak diteliti. Berdasarkan uji F, variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi,
tempat, orang, proses dan layanan konsumen secara simultan mempengaruhi variabel Keputusan Kuliah. Hasil
uji pengaruh secara parsial dari ketujuh variabel independen yang dimasukkan dalam model hanya variabel
orang yang signifikan pada 0.05. Dari sini dapat disimpulkan bahwa keputusan kuliah mahasiswa dipengaruhi
oleh orang.