Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Web Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menabung Produk Digital Saving BRI Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada nasabah BRI Cabang Jatinegara)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan, kualitas produk
(web) dan persepsi risiko terhadap minat menabung produk digital saving BRI di masa pandemi Covid 19.
Penelitian dilakukan terhadap nasabah BRI cabang Jatinegara dengan populasi sebesar 800 orang dan
ditetapkan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling yaitu peneliti mengambil
sampel yang kebetulan ditemuinya pada saat itu.
Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif dalam
penelitian ini merupakan data yang bersumber langsung dari responden yang disajikan dalam bentuk skala
likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan angket. Metoda
statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi WarpPLS 6.0.
Hasil dari penelitian ini tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan (X1) terhadap
minat menabung (Y). Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas web (X2) terhadap minat menabung
(Y). Terdapat pengaruh signifikan antara persepsi risiko (X3) terhadap minat menabung (Y). Untuk hasil
pengujian simultan, kepercayaan, kualitas web dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat menabung
sebesar 74%. Artinya 74% dari minat menabung di produk digital saving BRI di masa pandemi yang
dilakukan oleh nasabah didasari oleh kepercayaan nasabah, kualitas web produk digital saving BRI dan
jaminan persepsi risiko yang diberikan BRI dalam menjamin keamanan produk digital saving BRI di masa
pandemi.
Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Web, Persepsi Risiko, Minat Menabung.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of trust, product quality (web) and risk
perception on the interest in saving BRI digital saving products during the Covid 19 pandemic. The study
was conducted on BRI customers at the Jatinegara branch with a population of 800 people and set a sample
of 100 people . The sampling technique used in this study used non-probability sampling with accidental
sampling technique, in which the researcher took a sample that he happened to meet at that time.
The type of data needed in this research is quantitative data. Quantitative data in this study is data that
comes directly from respondents presented in the form of a Likert scale. Data collection techniques used
include observation, interviews and questionnaires. The statistical method used is multiple regression
analysis with the WarpPLS 6.0 application.
The results of this study did not have a significant effect between trust (X1) and interest in saving (Y).
There is a significant influence between web quality (X2) on interest in saving (Y). There is a significant
influence between perceived risk (X3) on interest in saving (Y). For the simultaneous test results, trust, web
quality and risk perception affect the interest in saving by 74%. This means that 74% of customers' interest
in saving in BRI digital saving products during a pandemic was based on customer trust, the quality of the
BRI digital saving product web and the guarantee of risk perception provided by BRI in ensuring the safety
of BRI digital saving products during the pandemic.
Keywords : Trust, Web Quality, Perceived Risk, Interest in Saving