Social Media Content, Customer Experience, Product Quality, and Purchase Decisions
Abstract
ABSTRAK
Analisis keputusan berlangganan bisnis perlu dilakukan untuk mendapatkan strategi pemasaran yang
tepat. Banyak sekali platform digital yang saat ini ada, dimana salah satu yang paling sukses dan banyak
digunakan oleh orang Indonesia diantara kompetitor-kompetitor lainnya di dunia industri Video on Demand
adalah Netflix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh perilaku konsumen, citra merek,
dan minat pembelian pada Keputusan Berlangganan aplikasi Netflix. Populasi pada penelitian ini adalah
pelanggan dan/atau pengguna aplikasi Netflix yang tinggal di Area Jabodetabek yang dilakukan dengan
metode purposive sampling dan terkumpul 100 responden. Penelitian diolah dengan bantuan software
SmartPLS 3.0 dan didapatkan hasil (1) Perilaku konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan dengan
koefisien 0,071 terhadap Keputusan Berlangganan, (2) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan
dengan nilai koefisien 0,293 terhadap Keputusan Berlangganan, (3) Minat Pembelian berpengaruh positif dan
signifikan dengan koefisien 0,430 terhadap Keputusan Berlangganan. Adapun kontribusi secara bersama-
sama variabel perilaku konsumen, citra merek, dan minat pembelian yang ditunjukkan nilai adjusted R Square
sebesar 50% dan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dari penelitian ini.
Kata kunci : perilaku konsumen, citra merek, minat pembelian, dan keputusan
berlangganan.
ABSTRACT
Analysis of business subscription decisions needs to be done to get the right marketing strategy. Many
digital platforms currently exist, and one of the most successful and widely used by Indonesians among other
competitors in the Video on Demand industry is Netflix. This study aims to analyze whether there is an
influence of consumer behavior, brand image, and purchase intention on the purchase decision for the Netflix
application. The population in this study are subscribers and/or users of the Netflix application who live in the
Jabodetabek area. The study was carried out using a purposive sampling method and collected 100
respondents. The research was processed with the help of SmartPLS 3.0 software, and the results were
obtained: (1) Consumer behavior has a positive and insignificant effect with a coefficient of 0.071 on
purchasing decisions, (2) Brand image has a positive and significant effect with a coefficient value of 0.293
on purchasing decisions, (3) Purchase intention has a positive and significant effect with a coefficient of 0.430
on purchasing decisions. The joint contribution of the variables of consumer behavior, brand image, and
purchase intention is shown by the adjusted R Square value of 50% and the remaining 50% is influenced by
other variables outside the model of this study.
Keyword : consumer behavior, brand image, purchase intention and subscription decision