Pengaruh Intensitas Menonton dan Pesan Kampanye Lingkungan Terhadap Perubahan Sikap (Studi Eksplanatif Followers @Kolling1622)
Abstract
Indonesia menduduki peringkat kedua sampah plastik setelah Cina. Saat ini, salah satu upaya yang dilakukan
adalah dengan mengurangi konsumsi sampah dengan membuang sampah secara benar. Untuk itu, sosialisasi pun gencar
dilaksanakan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk beralih mendayagunakan sampah. Salah satuya melalui
instagram yang efektif dalam memersuasi dan menyosialisasikan penanganan sampah. Adalah akun @kolling1622 turut
mengambil bagian untuk peka terhadap kondisi sampah. Dalam eksposur yang diberikan terlihat kegiatan kampanye
ditujukan untuk memberikan literasi kepada masyarakat agar dapat mengubah perilaku menjadi sesuai dengan tujuan
diadakannya kampanye tersebut. Apapun ragam dan tujuannya, upaya perubahan yang dilakukan kampanye
mengharapkan respon dari aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek konatif. Mengusung Teori Teori Konsistensi AfektifKognitif,
ditemukan hasil penelitian sebagai berikut: terdapat hubungan yang positif dan kuat antara intensitas menonton dengan perubahan sikap; terdapat hubungan
yang positif dan kuat antara pesan kampanye lingkungan dengan minat beli; terdapat hubungan yang positif dan kuat secara simultan antara intensitas menonton dan pesan kampanye dengan perubahan sikap.