Sales Growth, Receivable Turnover dan Size terhadap Rentabilitas Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sales growth, receivable
turnover dan size terhadap rentabilitas ekonomi. Dengan purposive sampling , sampel
perusahaan manufaktur pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2021 diperoleh sebanyak 16 perusahaan.
Penelitian menggunakan uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan
software Eviews 9. Berdasarkan uji t, sales growth berpengaruh signifikan terhadap
rentabilitas ekonomi, sedangkan receivable turnover dan size tidak berpengaruh terhadap
rentabilitas ekonomi. Berdasarkan uji F , bahwa secara bersama-sama sales growth,
receivable turnover, dan size mempunyai pengaruh terhadap rentabilitas ekonomi . Nilai
koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas mempengaruhi
rentabilitas ekonomi sebesar 49,57% sisanya sebesar 50,43% % merupakan konstribusi
dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.