Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Restoran Dapur Indonesia Menteng)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas
Makanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada
Restoran Dapur Indonesia Menteng). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Hasil penelitian menunjukan
bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,632 yang berarti kualitas
pelayanan, kualitas makanan dan lingkungan fisik memberikan kontribusi sebesar 63,2%
pada kepuasan pelanggan. Sisanya sebesar 36,8% merupakan kontribusi variabel lain yang
tidak ada dalam model. Hasil uji t diperoleh nilai hitung t hitung > t table dan Nilai F hitung
(46,130) > F table (2,72), maka disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas makanan
dan lingkungan fisik mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).