Upaya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Aksi Kompetitif (Competitive Actions) pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aksi kompetitif (competitive actions) Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) produk tekstil pada masa pandemi Covid-19. UKM mengalami dampak
penurunan yang signifikan akibat pandemi Covid-19 dan juga persaingan yang semakin tinggi
bahkan dalam level usaha yang berbeda (usaha besar, menengah, dan kecil). Persaingan ini
mencakup akses kepada pemasok, pelanggan, dan kolaborasi dengan mitra usaha. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif, jenis data primer diperoleh melalui wawancara pelaku UKM, teknik analisis data
melalui tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu dalam bidang operasional produksi: UKM melakukan perubahan produksi
dengan menyesuaikan aktivitas produksi berdasarkan kebutuhan pelanggan, mengubah jenis dan ukuran
produk tekstil menjadi lebih variatif dan terjangkau, dan memenuhi permintaan pelanggan untuk customized
produk tekstil. Dalam me-maintain hubungan dengan pelanggan, UKM semakin proaktif menghubungi dan
menginformasikan jenis-jenis produk tekstil terbaru dan menjamin kelangsungan pasokan terutama kepada
pelanggan konveksi (existing). Selain tetap menjalankan pemasaran secara offline melalui toko atau kios,
UKM juga semakin agresif memperluas jaringan pemasaran dengan pemanfaatan perangkat digital, ecommerce, dan market place seperti menerima pembayaran melalui dompet digital, membuat dan
mendaftarkan akun toko pada market place yaitu shopee, tokopedia, bukalapak, dan sebagainya,
serta me-maintain akun toko secara rutin dengan update produk jualan dan merespon dengan
segera pertanyaan dan permintaan pelanggan online.