Strategi Bisnis Pada Industri Hilir Plastik Melalui Pendekatan Internal External Matrix- IE Matrix (Studi kasus : PT Cemerlang Utama Plastik)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi bisnis pada industry hilir plastik melalui
pendekatan metode Internal External Matrix- IE Matrix Pada PT Cemerlang Utama Plastik yaitu
pendekatan dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat dengan menganalisis kekuatan dan
kelemahan internal dalam mengantisipasi peluang dan ancaman eksternal dengan memperhatikan
kualitas produk. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kuantitatif. Kesimpulan hasil IE Matrix, posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I. Hal ini
mengindikasikan bahwa posisi PT Cemerlang Utama Plastik saat ini berada pada posisi tumbuh dan
membangun (growth and build), untuk itu Growth Strategy PT Cemerlang Utama Plastik melalui
pendekatan berupa (1)Vertical Integration (Integrasi Vertikal) : menjalin kerjasama distributor,
pemasok, dan pesaing. (2)Strategi Differensiasi : penciptaan sesuatu yang baru yang dirasa unik
dan berbeda dengan para pesaing melalui pelayanan kepada pelanggan pasca pembelian atau setelah
melakukan pembelian kepada perusahaan, brand Image produk yang baik, , pemrosesan produksi
yang terkontrol dengan baik, persediaaan bahan baku yang selalu memadai, Product Development
(Pengembangan Produk) dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk yang dihasilkan.
(3)Market Development (Pengembangan Pasar) berupa plastik kemasan untuk delivery order dan
plastik khusus untuk laundry rumahan, mengembangkan pasarnya ke daerah bagian timur dan
selatan Jawa (4)Positioning (Penentuan Posisi Pasar) dapat disimpulkan bahwa posisi PT Cemerlang
Utama Plastik di dalam perhelatan industri saat ini adalah posisi matang