Pengaruh Promosi, Harga, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal (Studi Pada Supporter Persib Bandung)
Abstract
Dewasa ini penghasilan klub sepak bola bukan hanya dari penjualan tiket pertandingan dan sponsor,
namun juga berasal dari penjualan merchandise seperti jersey orisinal. Jumlah supporter yang masuk dalam
daftar jumlah supporter terbanyak di Indonesia adalah Persib Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Promosi, Harga, dan Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian jersey orisinal pada
Supporter klub sepak bola Persib Bandung yang berada di Kota Bandung menggunakan pendekatan
kuantitatif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 107 responden dan dianalisis menggunakan Structural
Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Harga dan Fanatisme berpengaruh secara signifikan
terhadap Keputusan Pembelian jersey orisinal pada supporter Persib Bandung.