Pengaruh Profitabilitas sebagai Moderasi Struktur Modal dan Size terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Perusahaan tidak hanya berorientasi untuk mencapai laba yang maksimal, tetapi
juga berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan serta kemakmuran bagi pemiliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh struktur modal dan
size terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Sampel
yang digunakan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2021 sebanyak 13 perusahaan, dengan
menggunakan metode purposive sampling. Data diolah menggunakan Eviews 9. Hasil
penelitian menunjukkan struktur modal berpengaruh terhadap profitabilitas dan
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Size tidak berpengaruh terhadap profitabilitas
namun berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai
perusahaan, namun dalam hal ini profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh struktur
modal dan size terhadap nilai perusahaan.