Pengaruh Harga, Keragaman Menu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kusuma Catering Di Bekasi
Abstract
Persaingan yang sangat ketat dalam dunia kuliner membuat pengusaha harus
memikirkan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh harga, keragaman menu dan kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembelian pada Kusuma Catering di Bekasi. Metode penelitian adalah asosiasi kausal
dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
teknik accidental sampling sebanyak 64 responden. Pengolahan data menggunakan
program SPSS 26.0 for windows, diperoleh r = 0,877 dimana harga, keragaman menu,
dan kualitas pelayanan memiliki hubungan yang kuat dan kontribusinya sebesar 75,7 %
terhadap keputusan membeli pada Kusuma Catering di Bekasi, sisanya 24,3% dijelaskan
oleh variabel lainnya di luar model penelitian. Hasil uji t disimpulkan bahwa ketiga
variabel bebas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli pada
Kusuma Catering di Bekasi. Hal ini ditunjang pula oleh uji ANOVA, dimana diperoleh
nilai F-hitung sebesar 66.312, lebih besar dari Ftabel (2.76), disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara harga, keragaman menu, dan kualitas pelayanan secara
bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada Kusuma Catering di Bekasi.