Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Raihan Maju Mandiri dengan Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Bauran pemasaran merupakan satu kesatuan yaitu Product, Price, Place, Promotion, People,
Physical Evidence dan Process. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing
mix terhadap volume penjualan di 5 Unit PT. Raihan Maju Mandiri dengan loyalitas karyawan
sebagai variabel iIntervening. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya beberapa hal yang
mempengaruhi volume penjualan dalam beberapa bulan terakhir, salah satunya yaitu yang
disebabkan oleh ketersediaan produk, kebutuhan konsumen, serta minimnya follow up yang
menyebabkan omset penjualan semakin menurun kepada perusahaan, serta Marketing Mix yang
tidak mampu berjalan secara efektif akibat dari turunnya omset penjualan yang disebabkan oleh
volume penjualan yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner online lewat google form. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, regresi linier sederhana, koefisien korelasi, uji t, regresi linier berganda, uji f dan path
analysis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel pengaruh
marketing mix berpengaruh terhadap volume penjualan dan loyalitas karyawan serta berdasarkan
uji regresi jalur setiap komponen marketing mix berpengaruh secara terhadap volume penjualan
melalui loyalitas karyawan.