Keputusan Pembelian Produk Laptop Acer di Era Covid-19
Abstract
Meningkatnya permintaan terhadap produk laptop dimulai sejak
diberlakukannya aturan Work From Home (WFH) selama pandemi covid-19.
Merek merupakan salah satu atribut penting yang berperan dalam pengambilan
keputusan pembelian suatu produk. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk laptop Acer.
Sebanyak 100 responden yang merupakan pembeli atau pengguna produk laptop
Acer di wilayah provinsi DKI Jakarta berperan sebagai sampel dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan diolah dengan
menggunakan smartPLS. Adapun hasil penelitian menunjukan uji t kesadaran
merek (X1) thitung = 1.788 > ttabel = 1.661, asosiasi merek (X2) thitung = 1.457 < ttabel =
1.661, persepsi kualitas (X3) thitung = 0.379 < ttabel = 1.661, loyalitas merek (X4) thitung
= 1.441 < ttabel = 1.661, dan Fhitung = 26 > Ftabel = 2.0049. Kesimpulannya adalah
kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), perespsi kualitas (X3), dan loyalitas
merek (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk laptop Acer.