Mengintegrasikan Sosial Media dan E-commerce dalam Pemasaran Dandang (Studi Deskriptif Kualitatif pada UMKM Dandang MJ)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Dandang MJ untuk mengembangkan
usahanya terutama dengan memperkenalkan pemilik usaha dengan sosial media, E-Commerce dan
aplikasi keuangan Akuntansi UKM. Ini dimaksudkan supaya pemilik usaha dapat bertahan dan
berkembang terutama di situasi krisis. UMKM memiliki sifat khas yang bisa bertahan selama krisis
makro. Namun demikian, UMKM akan mengalami kesulitan jika dihadapkan dengan kompetisi
yang bersifat massif, dan jika UMKM hanya strategi promosi konvensional, maka usaha ini akan
tergerus dengan usaha lain yang sudah menerapkan digitalisasi marketing. Metode pelaksanaan
penelitian ini dimulai dengan tahap persiapan, pengurusan perizinan, observasi, penentuan objek
penelitian, pengumpulan data, pengambilan keputusan, pelaksanaan keputusan, evaluasi dan
pengambilan kesimpulan dan saran.Dengan upaya yang dilakukan, diharapkan dapat memperbaiki
promosi UMKM dandang MJ, dan angka transaksi pun meningkat. Khusus untuk situasi darurat
seperti pandemic ini, diharapkan online platform bisa mempermudah transaksi dan menjaga pemilik
usaha dan juga konsumen supaya tetap sehat.