PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI WADAH KREATIF DALAM MEMBANGUN USAHA DI DESA PADAMUKTI, SOLOKAN JERUK, JAWA BARAT
Abstract
Pemanfaatan gadget dan media sosial untuk pemasaran produk di daerah pedesaan masih
sangat rendah. Padahal setiap daerah memiliki potensi untuk memasarkan produk yang ada di
daerah memanfaatkan media sosial. Hal ini juga dialami oleh masyarakat Desa Padamukti yang
berada di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kondisi masyarakat desa
mayoritas bekerja di bidang pertanian dan pekerja pabrik. Dengan kondisi seperti ini, perlu
diadakan pelatihan agar masyarakat desa mendapatkan pengetahuan umum mengenai
pemanfaatan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Yang menjadi fokus
dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah seminar dan pelatihan pemanfaatan media
sosial Instagram untuk dapat memasarkan produk warga lebih luas lagi. Kegiatan ini dihadiri
oleh aparat Desa Padamukti dan warga desa yang didominasi Ibu PKK dan Karang Taruna.
Dengan kegiatan seminar dan pelatihan ini diharapkan seluruh warga Desa Padamukti dapat
berfikir secara kreatif dan inovatif sehingga masyarakat sadar akan pentingnya pemanfaatan
teknologi secara optimal yang dapat digunakan dalam memasarkan produk.