PKM Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa

  • Harlinda Syofyan
  • Ratnawati Susanto
  • Ritta Setiyati
  • Vebryanti Vebryanti
Keywords: Pemberdayaan guru, Kompetensi sosial. Kompetensi kepribadian, Pendidikan karakter, Penguatan

Abstract

Guru adalah sosok orang selalu digugu dan ditiru tindak tanduknya oleh siswanya. Bila
guru melakukan hal-hal baik, kemungkinan besar siswa hasil didikannya juga akan baik. Hal
baik yang dilakukan oleh seorang Guru tidak terlepas dari karakter baik yang mereka miliki.
Tujuan Program Kemitraan Masyakat ini dilaksanakan untuk memberdayakan Guru dalam
penguatan pendidikan karakter kepada siswa. Muncul berbagai permasalahan dalam dunia
pendidikan dengan kurangnya keteladanan, dibutuhkannya pendampingan kerjasama untuk
pendampingan dan pengembangan diri bagi guru dalam mendukung kegiatan edukatif di
sekolah. Sebagai pengusul kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melakukan pemberdayaan
guru dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa SDN Grogol 05 Pagi. Metode yang
digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan, evaluasi reflektif bagi guru dalam
mengatasi permasalahn yang ada. Hasil dari kegiatan ini didapatkan bahwa kegiatan yang
dilakukan dapat dinyatakan cukup baik walaupun kegiatan hanya dilakukan secara virtual dalam
sosialisasi, dan pengambilan data dengan pengisian angket pada tahap pertama ini. Diharapkan
dalam tahap kedua didapatkan hasil yang meningkat dari yang sudah diperoleh pada saat ini.

Published
2020-11-08