Mendorong Kesuksesan Transformasi Digital UMKM ADZ Craft Melalui Harmonisasi Digital (Digital Marketing, Adopsi Teknologi Digital, Literasi Digital, Kapabilitas Digital)

  • Budi Harto
  • Panji Pramuditha
  • Sri Marhanah
  • Poniah Juliawati
  • Arie Yanto Rukmana
Keywords: Transformasi Digital; UMKM; Digital Marketing; Adopsi Teknologi; Literasi Digital; Kapabilitas Digital.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mengadopsi teknologi digital untuk bertahan
dalam persaingan pasar di era digitalisasi yang cepat ini. Khususnya, UMKM ADZ Craft
menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan kemampuan digital mereka dan
mengintegrasikan teknologi dalam berbagai bidang seperti digital marketing, adopsi teknologi,
literasi digital, dan peningkatan kemampuan digital. Meskipun ada bantuan dari pemerintah dan
teknologi, tidak cukup pengetahuan untuk menerapkannya dengan baik. Untuk memberikan
penjelasan lebih lanjut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan
pendekatan kolaboratif dan partisipatif, yang melibatkan observasi lapangan, wawancara
mendalam, dan fokus kelompok fokus (FGD). Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan besar
dalam jangkauan pasar, pengetahuan merek, dan efisiensi operasional setelah pelatihan. Ini
menunjukkan bahwa strategi digital yang terintegrasi sangat penting. Selain itu, kemampuan
karyawan untuk menggunakan teknologi meningkat, yang menunjukkan betapa efektifnya
pelatihan literasi digital. Dengan demikian, meningkatkan kemampuan digital UMKM dapat
meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan keberlanjutan ekonomi digital. Kegiatan PKM dan
penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan yang dimaksudkan untuk meningkatkan
adopsi teknologi oleh UMKM sangat diperlukan.

Published
2025-03-01