Pembelajaran Berbasis Pop-Up Media bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di SLB Negeri 1 Badung

  • Paula Dewanti
  • Indriyani Indriyani
Keywords: anak berkebutuhan khusus, pembelajaran, pop-up media, tunagrahita

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang dilahirkan dengan kebutuhan khusus
yang berbeda dari anak pada umumnya sehingga membutuhkan pelayanan khusus. ABK
Tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan signifikan di bawah rata-rata dan kesulitan
dalam menyesuaikan perilaku selama masa perkembangan. Mereka juga menghadapi hambatan
akademik, sehingga memerlukan modifikasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan khusus
mereka dalam pembelajaran. Meskipun ABK Tunagrahita menghadapi hambatan tersebut, hal ini
tidak menutup kemungkinan mereka untuk menerima pendidikan yang layak dan tepat baik di
rumah maupun di sekolah. Hal ini sejalan dengan jaminan dari pemerintah mengenai pelaksanaan
pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus yang diatur dalam Undang-Undang No. 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta diatur lebih lanjut oleh Undang-Undang
No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang memberikan jaminan penuh kepada anak
berkebutuhan khusus dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas dan berpartisipasi aktif
dalam kehidupan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan modifikasi pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan khusus, dibutuhkan pembelajaran inklusif yang menggunakan berbagai opsi
media pembelajaran. Buku Pop-Up menjadi salah satu opsi media pembelajaran efektif bagi anak
penyandang Tunagrahita

Published
2025-03-01