Pengembangan Kemampuan Pemasaran Digital Menggunakan Media Sosial Instagram Bisnis dan Pelatihan Foto Produk Pada UMKM di Pasar Minggu
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan kemampuan dalam menggunakan Instagram Bisnis. Kegiatan ini diperuntukkan kepada pelaku UMKM di Pasar Minggu, bekerja sama dengan Suku Dinas Perindustrian Jakarta Selatan. Beberapa di antaranya merupakan pelaku usaha di bidang kuliner, fashion, dan aksesoris. Tahapan dalam kegiatan pengabdian diawali dengan pre-test untuk mengetahui pengetahuan peserta mengenai pemasaran digital dan penggunaan fitur Instagram Bisnis. Selanjutnya dilakukan pemaparan materi dan praktik foto produk dan melakukan publikasi hasil foto pada media latihan yaitu padlet. Berdasarkan hasil wawancara dan data yang didapatkan dari peserta diketahui bahwa dominan telah menggunakan akun Instagram untuk promosi, namun menggunakan fitur Instagram bisnis. Pada akhir sesi setelah dilakukannya praktik melakukan foto produk dan pembuatan akun Instagram bisnis, maka peserta diminta untuk mengerjakan post-test. Hasil tes terebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta dari aspek pengetahuan mengenai penggunaan fitur Instagram bisnis.