Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Usaha Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten

  • Dewi Gita Kartika Universitas Sahid, Jakarta
  • Dessy Sunarsi Universitas Sahid, Jakarta
  • Themotia Titi Widaningsih Universitas Sahid, Jakarta
  • Herta Armianti Soemardjo Universitas Sahid, Jakarta
Keywords: Desa Wisata, Media Sosial, Pemasaran, Akomodasi, Pengusaha

Abstract

Desa Wisata Cikolelet di Serang, Banten pernah masuk dalam peringkat 50 besar desa wisata terbaik kategori rintisan berdasarkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Dengan segala potensi dan keunikannya, informasi dan promosi melalui media digital masih sangat terbatas terutama untuk usaha akomodasi (homestay). Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Wisata Cikolelet tentang konsep homestay dalam pariwisata berkelanjutan, serta melakukan pelatihan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi homestay. bisnis. PKM dilaksanakan secara tatap muka dan diikuti oleh 4 (empat) orang pemilik homestay dan 2 (dua) orang perwakilan Pokdarwis. Metode program PKM terdiri dari identifikasi kebutuhan mitra, pendidikan dan pelatihan, serta evaluasi dalam bentuk praktik. Keberhasilan pencapaian program tersebut merupakan terbentuknya akun media sosial Instagram pemilik homestay yang akan digunakan sebagai media promosi. Diharapkan kegiatan ini berkelanjutan dan meningkatkan rangsangan siklus perekonomian di Desa Wisata Cikolelet

Published
2024-07-31