Workshop TIKTOK Senjata Rahasia Tingkatkan Omset UMKM Binaan GEMMA Indonesia Raya, Depok

  • Estu Mahanani
  • Bida Sari
  • Ahmad Muhammad Thantawi
Keywords: Tiktok, Pemasaran Digital, UMKM Binaan MSME

Abstract

TikTok masih merupakan platform yang memberi kontribusi besar dalam perdagangan
barang dan jasa di Indonesia.. Namun masih banyak pelaku UMKM belum memiliki
pemahaman dan penguasaan skill pemasaran yang baik dalam melakukan perdagangan secara
online atau promosi secara digital, khususnya melalui TikTok. Tujuan pengabdian ini adalah
memberikan perspektif dan pelatihan tentang periklanan melalui TikTok sebagai strategi promosi
digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa mitra UMKM binaan
GEMMA Indonesia Raya. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini
berupa pelatihan melibatkan 23 orang mitra pelaku UMKM yang menjadi binaan GEMMA
Indonesia Raya, Depok. Pelatihan ini berhasil memberikan edukasi dan peningkatan skill dasar
mitra mengenai konsep periklanan melalui Tiktok sebagai alat pemasaran digital yang efektif.
Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya penjualan mitra sebesar 10%-50% dari sebelumnya. Kegiatan ini hendaknya menjadi agenda rutin bagi pihak-pihak terkait, sehingga mendorong penigkatan omset penjualan mitra UMKM khususnya binaan GEMMA Indonesia Raya Depok

Published
2024-02-22