Peningkatan Kinerja Guru SD Melalui Pelatihan Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Abstract
Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan proses penyampaian ilmu atau transfer ilmu yang
dilakukan oleh guru untuk siswa. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, guru diwajibkan membuat
suatu rancangan kegiatan pengajaran menggunakan metode dan strategi tertentu, serta disusun secara
sistematis dan memanfaatkan segala sesuatu yang dapat mendukung kegiatan pengajaran sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Namun dalam praktiknya, walaupun guru sudah merancang kegiatan
pengajaran dan menggunakannya sebagai panduan dalam mengajar, adanya kemungkinan masalah
mengenai siswa yang tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran tetap ada. Hal ini dapat terjadi akibat
adanya masalah-masalah tertentu seperti kurangnya waktu pengajaran, jumlah siswa yang terlalu banyak
dalam satu kelas (kelas besar), metode pengajaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, guru diharapkan
dapat membuat rencana lain sebagai inovasi untuk menutupi kekurangan tersebut sehingga seluruh siswa
dapat mencapai tujuan pembelajaran, serta dibutuhkan pelatihan khusus kepada guru untuk meningkatkan
kinerja guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM).
Teaching and learning activities (KBM) are a process of delivering knowledge or transferring
knowledge carried out by teachers to students. Before carrying out teaching and learning activities, teachers
are required to design teaching activities using certain methods and strategies, and are arranged
systematically and utilize everything that can support teaching activities so that learning objectives can be
achieved. However, in practice, even though teachers have designed teaching activities and use them as a
guide in teaching, there is a possibility of problems regarding students who cannot achieve learning
objectives. This can occur due to certain problems such as lack of teaching time, too many students in one
class (large class), teaching methods, and so on. Therefore, teachers are expected to make other plans as
innovations to cover these shortcomings so that all students can achieve learning objectives, and special
training is needed for teachers to improve teacher performance in supporting teaching and learning activities
(KBM).