Pemberdayaan Kemampuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Beradaptasi Dengan Perkembangan Industri 4.0 Di Desa Bojongcae Kecamatan Cibadak Lebak
Abstract
Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia mendorong pemerintah untuk
membangun struktur ekonomi dengan mempertimbangkan keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah (UMKM). Sektor ini telah terbukti memberikan lapangan kerja dan memberikan
kesempatan bagi UMKM untuk berkembang di masyarakat. Keberadaan UMKM tidak dapat
diragukan karena terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi, terutama setelah
krisis ekonomi. Di sisi lain, UMKM juga menghadapi banyak masalah, yaitu keterbatasan modal
kerja, sumber daya manusia yang rendah, dan kurang cakapnya penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Kendala lain yang dihadapi oleh UMKM adalah hubungan dengan prospek bisnis yang
kurang jelas dan visi perencanaan dan misi yang belum stabil. Guna mengatasi hal tersebut, maka
diperlukan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif, mudah, dan murah dalam mendorong
keberhasilan UMKM untuk memperluas akses pasar melalui pemberian fasilitas teknologi
informasi berbasis web dengan metode pembuatan kerangka kerja (framework) web sistem
manajemen isi untuk menjadikan website tersebut selalu menduduki ranking teratas atau halaman
pertama pada mesin pencari internet sehingga konsumen atau pelanggan mudah mencari alamat
website tersebut. Dengan demikian diharapkan UMKM dapat mendapatkan berbagai keuntungan
dalam mem-promosikan atau memasarkan usahanya, melakukan transaksi penjualan produkproduk usahanya, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka
memperluas jaringan usahanya.The lack of solid Indonesian economic fundamentals has prompted the government to build an
economic structure by considering the existence of Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs).
This sector has been proven to provide jobs and provide opportunities for MSMEs to develop in
society. The existence of SMEs cannot be doubted because they have proven to be able to survive
and become an economic driver, especially after the economic crisis. On the other hand, MSMEs
also face many problems, namely limited working capital, low human resources, and inadequate
mastery of science and technology. Other constraints faced by SMEs are the unclear relationship
with business prospects and unstable planning and mission visions. In order to overcome this, an
effective, easy, and inexpensive marketing and sales strategy is needed in encouraging the success
of SMEs to expand market access through the provision of web-based information technology
facilities with the method of creating a content management system web framework to make the
website always occupy the top ranking or the first page on internet search engines so that
consumers or customers easily find the website address. Thus, it is hoped that SMEs can get
various benefits in promoting or marketing their business, conducting sales transactions of their
business products, and conducting other business communications globally, in order to expand
their business network