Desain Ruang Bermain Ramah Anak Pada PAUD Pelangi di Kota Palembang
Abstract
Prinsip pembelajaran pada PAUD adalah bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
Anak usia dini dapat mencapai kematangan perkembangan melalui aktivitas bermain. Bermain
merupakan kegiatan yang sangat diminati anak-anak yang dapat memberikan dampak besar terhadap berbagai aspek perkembangan secara holistik. Anak usia dini membangun pengetahuan tentang diri, keterampilan sosial, dan menganalisa lingkungan sekitarnya melalui pengalamannya yang mereka dapatkan selama bermain. Area bermain menjadi fasilitas bagi anak dalam mengembangkan berbagai kemampuan untuk mencapai kematangan perkembangan secara optimal. Terdapat persyaratan minimum yang harus dipenuhi untuk penataan ruang bermain ramah anak yaitu dari segi ukuran, lokasi yang aman, komponen elemen yang lengkap, penggunaan material yang aman, serta terdapat vegetasi. Selain itu juga harus memiliki prinsip keamanan, estetika, dan menyatu dengan alam. Pengabdian ini dilakukan dengan cara observasi pada PAUD Pelangi yang memiliki ruang bermain luar dengan luas kurang lebih 80 meter persegi dengan beberapa alat permainan seperti ayunan, jungkat jungkit, panjatan lengkung, dan seluncuran. Wawancara dilakukan untuk mencatat data yang kemudian dilanjutkan dengan analisis perancangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan ruang bermain pada PAUD Pelangi yang menghasilkan desain ruang bermain ramah anak sesuai dengan pedoman standar ruang bermain ramah anak yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, Direktorat PAUD.
The principle of learning in PAUD is to play while learning or learn while playing. Early childhood
children can achieve developmental maturity through play activities. Play is a highly favored activity by children that can have a significant impact on various aspects of holistic development. Early childhood children build self-knowledge and social skills while also analyzing their surroundings through the experiences they gain while playing. The play area serves as a facility for children to develop various abilities to achieve optimal developmental maturity. There are minimum requirements that must be met for childfriendly playground arrangement, including
the size, safe location, complete component elements, the use of safe materials, and the presence
of vegetation. Furthermore, it must also adhere to principles of safety, aesthetics, and integration
with nature. This study was conducted through observations at PAUD Pelangi, which has an outdoor playground covering approximately 80 square meters, equipped with various play equipment such as swings, see-saws, climbing arches, and slides. Interviews were conducted to collect data, followed by design analysis. The objective of this activity is to optimize the playground at PAUD Pelangi to produce a child-friendly playground design in accordance with the
standards issued by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology, the Directorate of PAUD.