Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran ProdukLokal UMKM Berbahan Limbah Ampas Kopi Aroma Kopi Terapi pada UMKM Pati

  • Mukhamad Nurkamid
  • Indra Lina Putra
  • Andre Tri Saputra
Keywords: sosial media, ampas kopi, kerajinan tangan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan keterampilan kepada UMKM Pati tentang pentingnya optimalisasi sosial media sebagai strategi pemasaran
produk kerajinan tangan (bandmade) berbahan limbah ampas kopi beraroma kopiterapi. Di era
sekarang, media sosial telah menjadi tempat (place) selain berinteraksi juga bertransaksi. Sebagian besar pengguna saat ini memiliki media sosial yang digunakan sebagai media komunikasi berbasis internet. Sosial media hadir sebagai solusi yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk menawarkan produk kepada konsumen, beberapa diantarnya produk gelang, kalung, dan tasbih dari limbah ampas kopi. Metode kegiatan yang digunakan menggunakan pendekatan community development atau pengembangan UMKM di masyarakat setempat yang ada di desa Geritan Kecamatan Pati Kota Kabupaten Pati. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pelatihan pembuatan produkproduk berbahan ampas kopi, promosi produk dinternet dengan
social media dan branding produk. Target luaran kegiatan adalah eksplorasi peran media sosial (youtube, instagram) untuk meningkatkan pemasaran produk-produk lokal Pati agar semakin dikenal luas oleh masyarakat terlebih produk-produk tersebut hadir dengan sentuhan lebih baik yaitu memiliki aroma terapikopi yang khas yang tidak dimiliki oleh produk lainnya.

 

The aim of this community service activity is to provide skills to UKM Flariz Pati regarding the
importance of optimizing social media for marketing strategies for handicraft products (bandmade) made from coffee grounds waste with the aroma of coffee therapy. In the current era, social media has become a place apart from interacting and also making transactions. Most users today have social media which is used as an internet-based communication medium. Social media is present as a solution that MSMEs can use to offer products to consumers, some of which include bracelets, necklaces and prayer beads made from coffee grounds waste. The activity method used uses a community development approach or development of local communities in Geritan Village, Pati City District, Pati Regency, with training steps in making bracelet products, creating content, uploading content (products) and product branding on social media. The target
output of the activity is to explore the role of social media (youtube, instagram) to support marketing activities for local Pati products so that they are widely known by the public, especially as these products come with a better touch, namely having a distinctive coffee therapy aroma that other products do not have.

Published
2024-06-10