Komunikasi Kreatif Remaja Dalam Promosi Budaya Dan Wisata Berbasis Media Sosial

  • Syaifuddin Syaifuddin
  • Afdal Makkuraga
  • Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan
Keywords: Komunikasi Kreatif, Promosi, Budaya, Wisata, Sosial Media, : Creative Communication, Promotion, Culture, Tourism, Social Media

Abstract

Remaja memiliki peranan yang penting untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan
promosi budaya dan wisata daerahnya, termasuk para siswa jurusan Tata Boga dari SMKN
Kepariwisataan 60 Jakarta. Inilah yang menjadi tujuan diselenggarakannya kegiatan Pengabdian
Kepada Masyarakat Universitas Mercu Buana (PKM-UMB) di SMKN Kepariwisataan 60 Jakarta
Barat, yang sudah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023 secara tatap muka. Selain untuk
meningkatkan kesadaran mereka, juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kreatif mereka
sehingga dapat ikut andil dalam mempromosikan budaya dan wisata daerah tempat tinggal mereka,
yang nantinya akan memajukan sektor perekonomian masyarakat sekitar. Hasilnya yaitu : Satu,
mayoritas peserta menilai bahwa PKM ini bermanfaat, karena memberikan pemahaman yang selama
ini kurang disadari.; Dua, pelatihan ini membuka wawasan tentang ruang lingkup budaya dan wisata;
Tiga, pelatihan ini membangun kesadaran mayoritas peserta tentang cara melakukan promosi budaya
dan wisata berbasis media sosial melalui komunikasi kreatif.; Empat, diperlukan kolaborasi antara
remaja dengan masyarakat untuk berinovasi dalam mempromosikan budaya dan wisata di masingmasing daerah.

Teenagers have an important role to play in contributing to the advancement of regional culture
and tourism promotion, including students majoring in Culinary from SMKN 60 Tourism in Jakarta.
This is the aim of holding Mercu Buana University Community Service activities (PKM-UMB) at
Tourism Vocational School 60 West Jakarta, which was held face-to-face on March 15 2023. In
addition to increasing their awareness, it is also to improve their creative communication skills so that
they can take part in promoting the culture and tourism of the area where they live, which will advance
the economic sector of the surrounding community. The results are: One, the majority of participants
consider that this PKM is useful, because it provides an understanding that has not been realized so far;
Two, this training opens up insight into the scope of culture and tourism; Three, this training builds
awareness of the majority of participants on how to carry out social media-based cultural and tourism
promotions through creative communication; Fourth, collaboration between youth and the community
is needed to innovate in promoting culture and tourism in each region

Published
2024-02-22