Pembelajaran Kewirausahaan dan Teknologi Marketing dalam menggairahkan Generasi Muda untuk Menjadi Pengusaha

  • Asril Basry
  • Fahrul Nurzaman
  • Nafisah Yuliani
  • Dian Gustina
  • Marnis
  • I Gede Agus Suwartane
Keywords: Kewirausahaan, Pemasarann, Teknologi Informasi, Platform Digital

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini tidak hanya membantu dan memudahkan aktifitas
pekerjaan manusia, tetapi merubah kebiasaan manusia. Dengan berubah nya kebiasaan manusia
menyebabkan teknologi informasi menjadi tidak lepas dari kehidupan manusia. Begitu pula dengan aktifiitas dan kegiatan berwirausaha. Saat ini kegiatan berwirausaha mulai bergeser dari kegiatan konvensional beralih ke platform digital. Seperti kegiatan pemasaran dan penjualan produk maupun jasa sudah mulai beralih ke platform digital dengan memanfaatkan Media Teknolog Informasi seperti Media Ecommerce, Sosial Media dan platform digital lainnya. Tidak hanya penguasaan teknologi informasi, tetapi hal yang penting adalah bagaimana membentuk jiwa dan semangat untuk menumbuhkan kewirausahaan dari generasi muda Indonesia. Dengan ada nya kegairahan yang tumbuh untuk menjadi seorang pengusaha perlu dilakukan sejak dini agar kemandirian anak-anak muda mulai terwujud. Maka dari itu diadakan kegiatan PKM dengan memberikan pembelajaan kewirausahaan dan teknologi marketing untuk siswa-siswi SMPI Nursyamsi Depok Jawa Barat dengan cara sebagai berikut : a) memberikan penyuluhan mengenai
ilmu wirausaha dan technopreunership untuk membentuk kemandirian dan keunggulan dalam membuka peluang usaha, b) memberikan motivasi dan contoh nyata dalam dunia usaha, c) memberikan pengenalan teknologi informasi dan pemanfaat teknologi dalam kegiatan pemasaran dengan menggunakan platform marketplace dan sosial media.

 

The current development of Information Technology not only helps and facilitates human work
activities, but also changes human habits. With changes in human habits, information technology has become inseparable from human life. Likewise with entrepreneurial activities and activities. Currently, entrepreneurial activities are starting to shift from conventional activities to digital platforms. For example, marketing and sales activities for products and services have begun to shift to digital platforms by utilizing Information Technology Media such as E-commerce Media, Social Media and other digital platforms. Not only mastery of information technology, but the important thing is how to shape the soul and enthusiasm to foster entrepreneurship in Indonesia's young generation. With growing enthusiasm to become an entrepreneur, it needs to be done from an early age so that young people's independence can begin to become a reality. Therefore, PKM activities were held by providing entrepreneurship and marketing technology learning for students at SMPI Nursyamsi Depok, West Java in the following way: a) providing
counseling regarding entrepreneurship and technopreneurship to form independence and excellence in opening up business opportunities, b) providing motivation and real examples in the business world, c) provide an introduction to information technology and the use of technology in marketing activities using marketplace and social media platforms.

Published
2024-06-10