Pemanfaatan Lokapasar Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran Digital Bagi Potensi Ekonomi Desa Baros, Kabupaten Serang

  • Dewanto Samodro
  • Aniqotul Ummah
  • Danis TS Wahidin
Keywords: lokapasar, produk desa, promosi produk, pengabdian masyarakat

Abstract

Penggunaan marketplace atau lokapasar merupakan hal yang jamak dilakukan untuk mempromosikan dan memasarkan berbagai barang dan jasa. Di era digital, banyak pihak yang memanfaatkan lokapasar untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak dengan jangkauan wilayah yang lebih luas. Selain untuk berjualan, lokapasar juga dimanfaatkan sebagai etalase produk dan jasa yang ditawarkan. Desa sebagai entitas pemerintahan yang paling rendah, apalagi didukung dengan bantuan Dana Desa dari pemerintah pusat yang salah satunya untuk mengembangkan badan usaha milik desa, juga dapat memanfaatkan lokapasar untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk potensial yang menjadi andalan. Tulisan ini merupakan artikel pengabdian kepada masyarakat di Desa Baros, Kabupaten Serang yang sebelumnya telah mengembangkan website desa, yang salah satunya digunakan untuk mempromosikan potensi-potensi desa. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah mendorong penggunaan lokapasar untuk mempromosikan dan memasarkan produk andalan Desa Baros. Tim pengabdi memberikan pelatihan kepada para pengelola website desa untuk mengembangkan promosi dan pemasaran produk andalan desa melalui lokapasar. Dalam pelatihan tersebut ditemukan sejumlah produk yang bisa dipasarkan melalui lokapasar.

 

 

The use of marketplace is a common thing to promotes and markets various goods and services. In the digital era, many parties utilize marketplaces to reach more consumers with a wider regional reach. In addition to selling, markerplace is also used as a showcase for the products and services offered. Village as the lowest government entity, especially supported by Village Fund assistance from the central government, one of which is to develop village-owned enterprises, can also utilize marketplace to promotes and markets potential products. This paper is a community service article in Baros Village, Serang Regency, which has previously developed a village website, one of which is used to promote the potential of the village. The purpose of this community service is to encourage the uses of marketplace to promotes and markets the mainstay products of Baros Village. The community service team provided training to the village website managers to developed the promotion and marketing of the village's mainstay products through marketplace. During the training, a number of products were found that can be marketed through marketplace.

Published
2024-06-10