Manajemen Bisnis Online Untuk Siswa Siswi SMK Yanindo Jakarta

  • Yunita Sari
  • Essy Malays Sari Sakti
  • Erwin Suhandono
  • Jayanti Apri Emarawati
Keywords: Bisnis Online, Manajemen Bisnis, Internet, Teknologi Informasi

Abstract

Bisnis merupakan suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan bila dijalankan dengan pengelolaan yang
baik. Siapa yang menjalankan barang atau jasa apa yang dikelola, bagaimana menjalankannya, dengan metode apa,
media apa yang dibutuhkan, siapa sasarannya, strategi apa yang diperlukan dan hal-hal lain yang mendukung
merupakan komponen-komponen yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis. Membangun suatu bisnis
membutuhkan manajemen. Sebagaimana bisnis konvensional, bisnis online memerlukan pengelolaan yang baik.
Ketika memutuskan untuk berbisnis melalui internet, maka yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah manusia,
komputer, akses ke internet, produk dan, tentu saja, dana operasional. Walaupun memiliki sedikit pengetahuan
teknologi informasi, bisnis dan manajemen, tetapi jika sudah mengenal komputer dan dapat akses ke internet
sebenarnya sudah cukup menjadi modal dasar untuk menjalankan bisnis melalui internet. Dengan modal dasar
tersebut, selanjutnya bisa menentukan produk bisnis. Produk apa yang akan dipilih bergantung kepada minat dan
yang diminati banyak orang. Pengetahuan teknologi informasi, juga pengetahuan-pengetahuan lainnya yang
kontributif terhadap keberhasilan bisnis online, dapat dipelajari secara bertahap. Tetapi bisnis yang berhasil tidak
mungkin tercapai bila tidak didukung dengan manajemen yang baik. Manajemen yang baik, tentu saja, dapat
berfungsi dengan baik

Published
2021-10-31