Pricing dan Marketing Berbasis Web Di Desa Bojongcae Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak - Banten

  • Wahyudi Wahyudi
  • Yoko Tristiarto
  • Sugianto Sugianto
Keywords: Pricing, Marketing, UMKM

Abstract

Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia mendorong pemerintah untuk
membangun struktur ekonomi dengan mempertimbangkan keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah (UMKM). Sektor ini telah terbukti memberikan lapangan kerja dan memberikan
kesempatan bagi UMKM untuk berkembang di masyarakat. Keberadaan UMKM tidak dapat
diragukan karena terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi, terutama setelah
krisis ekonomi. Di sisi lain, UMKM juga menghadapi banyak masalah, yaitu keterbatasan modal
kerja, sumber daya manusia yang rendah, dan kurang cakapnya penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Kendala lain yang dihadapi oleh UMKM adalah hubungan dengan prospek bisnis yang
kurang jelas dan visi perencanaan dan misi yang belum stabil. Guna mengatasi hal tersebut, maka
diperlukan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif, mudah, dan murah dalam mendorong
keberhasilan UMKM untuk memperluas akses pasar melalui pemberian fasilitas teknologi
informasi berbasis web dengan metode pembuatan kerangka kerja (framework) web sistem
manajemen isi untuk menjadikan website tersebut selalu menduduki ranking teratas atau halaman
pertama pada mesin pencari internet sehingga konsumen atau pelanggan mudah mencari alamat
website tersebut. Dengan demikian diharapkan UMKM dapat mendapatkan berbagai keuntungan
dalam mempromosikan atau memasarkan usahanya, melakukan transaksi penjualan produk-produk
usahanya, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas
jaringan usahanya

Published
2021-10-31