Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Klinik Pantura Berbasis Website
Abstract
Klinik Lintas Pantura adalah sebuah klinik yang beroperasi selama 24 jam yang bertempat di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Jenis pekerjaan yang ditangani oleh klinik ini antara lain konsultasi kesehatan antara pasien dan dokter, pemeriksaan penyakit umum, apabila pasien terindikasi penyakit kritis maka klinik tidak melayani atau pasien dirujuk ke rumah sakit. Kendala yang biasanya dijumpai adalah terjadinya kesalahan dalam pengelolaan data, proses pelayanan yang lama, dan dokumen yang rentan hilang dan rusak. Sistem Informasi Klinik berbasis website ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan dengan kemampuan mengelola seluruh data secara klinis dan menyajikan informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini adalah prototyping. Aplikasi yang dibangun digunakan oleh 5 (lima) user yang terdiri dari administrator, petugas pendaftaran, dokter, apoteker dan kasir. Pelayanan yang tersedia dalam aplikasi sistem informasi klinik pantura ini terbagi menjadi 2 (dua) yaitu untuk pelayanan pasien rawat inap dan pelayanan pasien rawat jalan. Dengan adanya penerapan sistemvinformasi klinik di klinik lintas pantura diharapkan dapat membantu mempermudah pegawai dalam melakukan proses pelayanan pasien dan pengelolaan data klinik serta adanya fitur laporan yang mempermudah rekapitulasi data